Warga Pribumi Liburan di Pantai Pangandaran Layaknya Wisatawan

by
Warga Pribumi Liburan di Pantai Pangandaran Layaknya Wisatawan thumbnail
Warga pribumi berlibur menikmati objek wisata Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Warga pribumi liburan di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diperpanjang hingga 16 Agustus 2021.

Selama PPKM, Pemerintah Kabupaten Pangandaran mengeluarkan kebijakan untuk menutup semua objek wisata yang ada di daerahnya. Hal itu sebagai upaya mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 dari klaster pariwisata.

Adanya penutupan tersebut dimanfaatkan oleh warga pribumi untuk liburan menikmati objek wisata daerahnya sendiri. Seperti halnya obyek wisata pantai.

Setiap sore hari banyak warga Pangandaran yang datang ke kawasan wisata Pantai Barat. Mereka sengaja ingin menikmati suasana sore di pantai sambil melihat indahnya sundown.

Azis, salah seorang warga Pangandaran mengatakan, saat sore hari ia dan teman-temannya menikmati panorama pantai yang indah.

“Selain berenang, kita juga asyik bermain bola di bibir pantai. Semua yang datang ke Pantai Barat ini warga Pangandaran,” tuturnya kepada HR Online, Kamis (12/08/2021).

Warga Pribumi Liburan di Pantai Pangandaran Serasa Jadi Wisatawan

Azis juga mengaku jarang sekali pergi ke pantai untuk liburan seperti halnya wisatawan yang datang dari luar daerah. Namun kali ini ia dan teman-temannya sengaja memanfaatkan masa PPKM dengan berlibur ke pantai.

“Ya, kita jarang-jarang seperti para wisatawan. Tapi sekarang mumpung sepi wisatawan, dan jenuhnya dengan situasi PPKM, maka kita liburan saja ke pantai. Saya sendiri baru kali ini bermain di pantai, serasa menjadi wisatawan saja,” tutur Azis sambil tertawa.

Baca Juga :  Wisatawan Kunjungi Kampung Turis, Nikmati Senja di Pantai Pangandaran

Selain Azis, banyak warga pribumi lainnya yang liburan di Pantai Pangandaran. Seperti halnya Rahma. Warga Pangandaran yang satu ini mengaku bermain menikmati suasana Pantai Barat maupun Pantai Timur saat sore hari sangat nyaman.

Bahkan, ia bersama teman-temannya asyik berfoto selfie menggunakan kamera handphone, layaknya wisatawan yang tengah liburan.

“Kami juga menikmati sundown saat matahari akan tenggelam karena cuaca bagus. Momen ini tidak akan kami lewatkan,” katanya.

Warga Berharap PPKM Segera Berakhir

Rahma juga berharap, pemerintah membuka kembali lokasi obyek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran. Karena menurutnya, jika semua objek wisata sudah buka, otomatis roda perekonomian pun akan kembali berputar seperti semula.

Dengan begitu, warga Pangandaran sendiri akan kembali bisa mencari nafkah. Termasuk orang tuanya yang selalu mencari nafkah di kawasan obyek wisata.

“Semenjak semua obyek wisata tutup, orang tua saja jadinya kerja serabutan. Tapi yang penting halal. Saya berharap pandemi Covid-19 cepat berlalu, dan tidak ada PPKM seperti saat ini,” harap Rahma. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva

Read Extra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *