Tol ‘Atas Awan’ Tertinggi di Dunia Beroperasi, Ini Lokasinya

by
Tol 'Atas Awan' Tertinggi di Dunia Beroperasi, Ini Lokasinya thumbnail

Foto: Xinjiang-Tibet Dual carriageway, jalan bebas hambatan tertinggi di dunia. (Dok: The World Firm )

Jakarta, CNBC Indonesia – Jalan tol tertinggi di dunia sudah beroperasi sepenuhnya. Setelah beroperasi komersial pada Oktober 2020 lalu, jalan tol tertinggi di China ini sudah menyelesaikan ruas bagian akhir kemarin, Sabtu (21/8).

Jalan bebas hambatan ini menghubungkan Kota Nagchu dan Lhasa ibu kota China Barat daya, Tibet.

Melansir, China Everyday, jalan tol ini sudah dibuka pada Sabtu (21/8/2021), dengan pembukaan bagian akhir sepanjang 227 km antara Nagchu dan Yangbajain, menurut Kementerian Transportasi China.


Tol ini memiliki panjang 295 km dengan ketinggian rata-rata lebih dari 4.500 meter di atas permukaan laut, merupakan bagian yang menghubungkan Beijing dan Lhasa. Juga sebagai satu-satunya jalan tol pertama yang menghubungkan Lhasa dan padang rumput di Tibet Utara.

Beroperasinya tol ini akan mempersingkat perjalanan antara Lhasa dan kota Nagchi menjadi tiga jam dari lebih dari enam jam.

“Ini akan secara signifikan memperbesar kapasitas transportasi dan meningkatkan keamanan koridor yang menghubungkan Tibet dan provinsi Qinghai di China Barat Laut,” kata seorang pejabat Kementerian Transportasi China.

Sebelumnya bagian jalan tol Yangbajain – Lhasa dibuka untuk lalu lintas pada Oktober 2020.



[Gambas:Video CNBC]



(hoi/hoi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *