Ternak Burung yang Menguntungkan, Ini Jenis yang Menjanjikan!

by
Ternak Burung yang Menguntungkan, Ini Jenis yang Menjanjikan! thumbnail
Jenis ternak burung yang menguntungkan. Foto: Ist/Get

Ternak burung yang menguntungkan tentunya perlu menjadi faktor penting yang kita pertimbangkan. Apalagi jika Anda ingin berternak burung untuk usaha jangka panjang. Ada sejumlah jenis burung yang sangat potensial untuk usaha ternak.

Saat ini tren memiliki burung tidak hanya untuk mereka pelihara demi kesenangan semata. Memelihara burung juga bisa kita jadikan sebagai investasi yang menjanjikan dan menguntungkan.

Selain kita pelihara, burung juga bisa kita jual lagi dengan nilai yang tinggi. Ada banyak faktor yang membuat bisnis jual beli burung sangat menguntungkan. Baik karena suaranya, bentuknya yang cantik, ataupun keunikannya.

Baca Juga: Burung Kecil yang Mudah Diternak, Ini Pilihannya

Jenis Ternak Burung yang Menguntungkan

Lantas, apa saja jenis burung yang potensial yang prospektif dan menjanjikan untuk kita ternak sebagai lahan bisnis? Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang jenis ternak burung yang menguntungkan dan potensial.

Burung Perkutut

Perkutut termasuk jenis burung yang mahal dan mudah untuk kita ternak. Burung ini terkenal sejak tahun 1995 sampai dengan tahun 1998. Biasanya patokan harganya sekitar 3,5 miliar rupiah. Sampai sekarang ini peluang ternak burung perkutut sangat menjanjikan.

Harga anakan burung perkutut bahkan dipatok dengan harga yang tinggi mulai dari 5 juta rupiah sampai dengan 100 juta rupiah untuk setiap ekornya. Jika dihitung, peternak burung perkutut bisa mendapatkan omset mencapai 100 juta sampai dengan 300 juta rupiah per bulan.

Esteem Chicken Atau Burung Cinta

Burung cinta atau fancy rooster termasuk salah satu jenis ternak burung yang menguntungkan dan sangat menjanjikan. Apalagi burung ini sangat terkenal dan mudah untuk kita dapatkan.

Burung ini termasuk jenis burung kicau dengan suara kicauan yang khas dan merdu. Agar harganya jauh lebih tinggi, Anda perlu melatih kicauannya sampai lebih bagus.

Namun tentu saja hal ini memakan waktu yang cukup lama dan butuh effort yang lebih besar juga.

Adapun mengenai modal yang Anda butuhkan untuk beternak fancy rooster relatif kecil sebenarnya. Karena itulah banyak orang yang beternak burung jenis ini.

Bahkan modal yang Anda butuhkan untuk beternak fancy rooster kurang dari 500 ribu rupiah. Dari hasil anakannya nanti, fancy rooster bisa kita jual perekor dengan harga 100 ribu sampai dengan 150 ribu rupiah tergantung besar kecil dan jenisnya.

Baca Juga: Cara Ternak Burung Kacer yang Mudah dan Tepat

Burung Kolibri

Jenis ternak burung yang menguntungkan selanjutnya adalah Kolibri. Burung yang satu ini termasuk jenis burung hias sekaligus burung kicau dengan tubuh eksotis dan kicauan yang merdu.

Kalau kita bandingkan soal harga antara burung kolibri dengan fancy rooster, harganya jauh lebih mahal burung kolibri. Burung ini bahkan bisa kita jual perekornya mulai dari 100 ribu sampai dengan 500 ribu rupiah.

Akan tetapi usaha budidayanya juga butuh effort yang lebih besar. Terlebih modal yang Anda perlu keluarkan juga lebih besar daripada dengan modal yang perlu untuk budidaya burung fancy rooster.

Burung Paruh Bengkok

Jenis burung paruh bengkok ini termasuk jenis ternak burung yang menguntungkan karena banyak orang mencarinya. Harganya cukup mahal dan mudah untuk kita ternakkan.

Burung paruh bengkok terkenal sebagai burung yang sangat pintar melakukan berbagai macam atraksi.

Kepintarannya karena kemampuan yang burung ini untuk kita latih. Untuk jenis burung paruh bengkok yang bisa kita latih atraksi biasanya mencapai 2 sampai dengan 8 kali lipat dari harga biasanya.

Bahkan jika Anda sudah bisa panen setiap bulan, omset dari 10 juta sampai dengan 20 juta rupiah bisa Anda dapatkan.

Burung Jalak

Jalak selama ini terkenal sebagai burung yang dapat menirukan suara manusia. Burung ini juga terkenal sebagai jenis burung yang mahal dan mudah kita ternakkan. Suaranya dan bentuknya bermacam-macam. Bisa ngerol, keras dan lantang.

Selain dapat menirukan suara manusia, burung jalak juga celebrated sebagai burung yang penurut kepada pemiliknya. Harganya bervariasi. Untuk burung jalak yang sering berbunyi umumnya orang jual dengan harga 1,5 juta rupiah ke atas.

Itulah beberapa jenis ternak burung yang menguntungkan. Anda bisa memutuskan atau memilih untuk beternak salah satu jenis burung sebagai lahan usaha yang menjanjikan. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

Read Extra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *