Sosok Jan Hecker, Dubes Jerman di China yang Wafat Mendadak

by
Sosok Jan Hecker, Dubes Jerman di China yang Wafat Mendadak thumbnail

Foto: Jan Hecker (kiri) berbincang dengan Angela Merkel (kanan). (AP/Markus Schreiber)

Jakarta, CNBC Indonesia – Duta Besar Jerman untuk China, Jan Hecker, dilaporkan meninggal dunia pada, Senin (6/9/2021). Hecker wafat hanya beberapa minggu setelah menduduki posisi sebagai wakil Berlin untuk Beijing itu.

Mengutip CNN, kabar duka itu disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Jerman. Mereka menyebut Hecker wafat di usia 54 tahun. Disebutkan kepergian Hecker sangatlah mendadak. Sebab, pada Jumat (3/9/2021), lalu, Hecker masih terlihat sehat dan bugar saat menghadiri acara webinar seorang artis Jerman.

“Kami sangat sedih dan terkejut mengetahui kematian mendadak Duta Besar Jerman untuk China,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman dalam sebuah pernyataan resmi. “Hati kami bersama keluarganya dan teman-teman serta koleganya saat ini.”

Hecker sendiri bukanlah orang baru dalam pemerintahan Jerman. Mengutip media Jerman, Tagesschau, pria berlatar belakang hukum dan ilmu politik ini mengawali kariernya pada 1999 di Kementerian Dalam Negeri Federal. Kemudian, ia memutuskan untuk pindah sebagai hakim di Pengadilan Administratif Federal pada 2011 hingga 2015.

Pada tahun 2015, Hecker menjadi kepala tim koordinasi kebijakan pengungsi yang dibentuk oleh Kanselir Angela Merkel. Dalam pekerjaannya di sini, ia menjalankan perintah Merkel untuk mengimplementasikan janji kanselir kepada para pengungsi dalam hal penempatan saat memasuki negara itu.

Hecker pun dianggap berhasil dalam hal ini. Ia kemudian menjadi penasihat kebijakan luar negeri pertama Kanselir meski tidak pernah mengenyam kariernya di Kementerian Luar Negeri. Sebagai pembisik Merkel, Hecker sangat vokal dalam memastikan kesinambungan dalam hubungan yang sulit antara Jerman dengan China.

Atas pemikirannya itu, Hecker ditunjuk sebagai dubes Jerman untuk China pada Agustus lalu. Ia merupakan dubes Jerman ke-14 untuk China pada 24 Agustus lalu.

Dengan kepergiannya yang mendadak ini, seluruh pihak terkejut, termasuk Kanselir Merkel. Sebab, pada Jumat lalu Hecker masih kelihatan sehat dan bugar saat menghadiri acara webinar seorang artis Jerman.

“Saya sangat terkejut dengan kematian Jan Hecker. Simpati terdalam saya untuk istri, anak-anak, dan kerabat lainnya yang sedang dalam kesedihan tak terperi,” kata Merkel dalam sebuah pernyataan tertulis.

Dari pemerintah China, Juru Bicara Kemenlu Wang Wenbin menyampaikan belasungkawa resmi atas nama pemerintah. Ia mengatakan Hecker memiliki visi luar biasa dalam mempererat hubungan Jerman dan China.

“Kami terkejut mengetahui tentang kematian mendadak Dubes Hecker yang telah bekerja secara aktif untuk mempromosikan hubungan China-Jerman sejak menduduki jabatannya,” ujarnya.




[Gambas:Video CNBC]



(miq/miq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *