Sifat Mustahil Bagi Allah SWT dalam Agama Islam Wajib Diketahui

by
Sifat Mustahil Bagi Allah SWT dalam Agama Islam Wajib Diketahui thumbnail
Ilustrasi Sifat Mustahil Bagi Allah. Foto: Ist/Uncover

Sifat mustahil bagi Allah merupakan salah satu hal yang harus kita ketahui. Bukan hanya itu saja, sudah menjadi kewajiban bahwasanya Anda harus mengajarkan hal tersebut kepada buah hati. Karena hal tersebut juga dapat menambahkan wawasan serta ilmu pengetahuan untuk anak-anak Anda.

Allah SWT memiliki sifat wajib yang sudah seharusnya diketahui atau menjadi pengetahuan bagi setiap umat muslim. Di samping itu, Allah juga mempunyai sifat mustahil. Tahukah Anda apakah sifat mustahil tersebut? Mari simak pembahasannya berikut ini!

baca juga: Sarah Istri Nabi Ibrahim Paras dan Akhlak Cantik, Teladan Bagi Muslimah

Beberapa Sifat Mustahil Bagi Allah SWT dalam Islam

Jika Anda termasuk dalam orang yang belum tahu apa yang dimaksud dengan sifat yang mustahil bagi Allah, maka wajib menyimak artikel ini sampai tuntas.

Nah, untuk jawaban yang sebenarnya adalah, sifat mustahil Allah merupakan sifat yang tidak mungkin terdapat pada Allah SWT. Sudah Tahukah Anda apa saja sifat itu?

baca juga: Doa Agar Cepat Punya Anak Sesuai Ajaran Islam

Mustahil Tiada (Adam)

Adam, merupakan salah satu sifat mustahil bagi Allah yang pertama. Arti dari sifat tersebut adalah tiada. Sifat Adam juga merupakan kebalikan dari Wujud Allah SWT.

Maksudnya adalah, meskipun kita tidak pernah melihat dengan mata kepala, akan tetapi Allah itu benar-benar ada. Salah satu buktinya, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Allah dan mendapatkan perintah untuk shalat.

Dalam Al Quran surat Luqman ayat 10 menjelaskan:

Ada yang Mendahului (Huduts)

Kemudian, sifat mustahil bagi Allah yang selanjutnya adalah Huduts atau ada yang mendahului. Kita, sebagai umat muslim tentunya harus percaya bahwa tidak akan ada yang mampu mendahului Allah SWT.

Hal ini juga merupakan kebalikan dari sifat Qidam. Allah itu yang maha utama dan tidak akan pernah ada yang mendahului.

Seperti bunyi dalam Al Quran surat Al Hadid ayat 3, Dialah yang Maha Pertama dan Terakhir, lahir dan batin, serta Dia yang Maha Mengetahui atas segala sesuatu.

baca juga: Macam-Macam Dosa Jariyah, Waspadai Adanya Sayyi’ah Saat Bertingkah

Musnah (Fana)

Fana juga termasuk dalam salah satu sifat mustahil. Arti dari sifat mustahil tersebut adalah musnah. Karena pada intinya Allah tidak akan musnah. Akan tetapi Allah-lah yang akan memusnahkan seluruh yang ada di langit dan bumi.

Seperti halnya arti dalam Al Quran surat Ar-rahman ayat 26 sampai dengan 27. ” Semua yang terdapat di bumi nantinya akan binasa. Akan tetapi wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran serta kemuliaan akan kekal abadi “.

Mumatsalatu Lil Hawaditsi (Ada yang Menyamai)

Mumatsalatu lil hawaditsi yang artinya ada yang menyamai, merupakan sifat mustahil bagi Allah SWT. Bukankah Allah itu merupakan zat yang maha kuasa dan tidak akan ada yang mampu menandingi?

Seperti arti dalam Al Quran surat Asy-syura ayat 11, bahwasanya tidak ada satupun yang serupa dengan Allah SWT. Allah yang Maha Mendengar dan Maha Melihat.

Lemah (Ajzun)

Ajzun yang berarti lemah, hal tersebut juga termasuk dalam sifat mustahil. Allah SWT itu bukanlah zat yang bersifat lemah. Karena Dia lah yang Maha Kuasa, Maha Perkasa atas segala sesuatu.

Dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 20 menjelaskan, hampir saja kilat itu menyambar penglihatan mereka. Saat kilat tersebut menyinari mereka maka mereka berjalan di bawah sinar tersebut.

Apabila gelap, mereka akan berhenti. Padahal, apabila Allah menghendaki Allah bisa saja menyerap melenyapkan pendengaran serta penglihatan mereka. Sungguh, Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Mautun Artinya Mati

Sifat mustahil bagi Allah yang selanjutnya adalah Mautun yang artinya mati. Padahal Allah itu kekal. Jadi mustahil sekali Jika Allah itu akan mati. Karena, yang benar-benar akan mati adalah kita, manusia yang bangga dengan dosa.

Dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 255 yang artinya, tidak ada Tuhan kecuali Allah yang wajib untuk disembah. Dialah yang hidup kekal dan akan terus menerus mengurus makhlukNya. Dia juga Tidak mengantuk dan tidak pula tidur. Segala yang ada di langit dan di bumi merupakan kepemilikanNya.

Sebenarnya bukan itu saja sifat mustahil bagi Allah. Karena perlu Anda ketahui bahwa sifat mustahil tersebut ada 20 yang wajib kita ketahui. (Muhafid/R6/HR-On-line)

Learn More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *