Sepatu Kain Perca untuk Bayi, Begini Cara Membuatnya dengan Mudah

by
Sepatu Kain Perca untuk Bayi, Begini Cara Membuatnya dengan Mudah thumbnail

Sepatu kain perca justru digandrungi oleh masyarakat luas saat ini. Selain karena modelnya unik, kain satu ini juga memiliki karakteristik yang berbeda.

Saat ini produksi sepatu semakin banyak dan mengalami peningkatan. Hal ini juga tidak bisa lepas dari banyaknya permintaan akan kebutuhan alas kaki yang satu ini.

Sepatu hadir dengan beragam model, desain, ukuran, hingga bahan yang ada. Maka dari itu, masih banyak orang yang bisa memilih sesuai kebutuhan.

Sepatu menjadi item model yang justru tidak pernah tertinggal. Hampir semua orang memiliki alas kaki jenis yang satu ini. Selain untuk aktivitas formal, masih banyak tersedia jenis sepatu yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Anda pun bisa memilih sepatu kasual dengan bahan kain perca. Seperti yang sudah banyak Anda ketahui jika kain perca mampu mendatangkan banyak ide kreasi.

Salah satunya yaitu untuk pembuatan sepatu. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui karakteristik jenis kain yang satu ini.

Berikut ulasan tentang kain perca yang banyak untuk produk kerajinan tangan termasuk sepatu.

Cara Pembuatan Sepatu Kain Perca untuk Bayi

Peluang usaha menjadi pengrajin justru banyak bermunculan. Salah satunya yaitu pemanfaatan adanya kain perca. Jika Anda kreatif bisa membuat berbagai produk kerajinan yang unik dan menarik.

Sehingga mampu mengurangi adanya limbah yang mampu mencemari lingkungan. Salah satu produk yang terbuat dari kain perca yaitu sepatu.

Sepatu kain perca yang biasa ada yaitu produk bayi. Sehingga pembuatan sepatu untuk bayi ini dianggap unik dan cukup mudah.

Meski perlengkapan bayi bisa Anda dapatkan dengan mudah, namun tidak ada salahnya jika Anda berkreasi sendiri. Dengan mencoba membuat sepatu bayi yang satu ini Anda akan merasa puas.

Adapun cara mudah dan bahan yang perlu Anda persiapkan jika Anda menginginkan membuat sepatu bayi sendiri dengan bahan sisa yang satu ini.

Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat sepatu kain perca sendiri tentu Anda harus bisa mempersiapkan beberapa bahan dan alat yang akan Anda gunakan. Bahan yang harus Anda persiapkan yaitu kain katun.

Kain yang satu ini bisa Anda gunakan untuk higher dan lining. Anda bisa memilih katun Jepang yang memiliki tekstur lembut dan adem.

Sedangkan untuk kain fleece bisa Anda gunakan untuk lapisan. Fungsinya untuk pengganti busa agar sepatu terasa nyaman saat bayi kenakan. Gunakan juga velcro daan kancing hias sebagai pengait sepatu.

Cara Membuat

Setelah Anda siapkan beberapa bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan sepatu kain ini, maka sekarang cara membuatnya.

Pertama

Gunting kain katun seperti gambar pada sepatu bagian atas, sol dan pengait. Selanjutnya gunting katun kedua untuk higher lining dan lining bagian sol sepatu.

Kedua

Langkah selanjutnya dalam pembuatan sepatu kain perca bayi yaitu menggunting kain fleece yang sama seperti gambar. Anda bisa gunakan ukuran yang sesuai dengan kaki bayi. Sedangkan untuk pemilihan warna sendiri sesuai dengan selera.

Ketiga

Pada langkah yang ketiga Anda harus mulai menggabungkan kain yang sudah digunting sesuai dengaan pola dan ukuran. Gabungkan kain katun/higher dengan pelapis/fleece. Caranya dengan ditumpuk, begitu juga pada bagian sol sepatu.

Keempat

Cara membuat sepatu kain perca bayi berikutnya yaitu proses penjahitan. Jahit pelapis bagian luar. Sedangkan jahit higher mengikuti bentuk sol sepatu.

Untuk menjahit lining, posisikan sambungan belakang pada bagian luar. Jahit mengikuti lubang sepatu dan jika selesai baru Anda balik. Untuk mempercantik sepatu Anda bisa tambahkan kancing hias agar lebih menarik.

Membuat sepatu sendiri memang sangat menyenangkan. Apalagi jika hasilnya baik tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Seperti halnya dalam pembuatan sepatu bayi.

Anda bisa memanfaatkan kain perca yang mampu memberikan hasil menarik dan kualitasnya tidak murahan. Meski hanya memanfaatkan kain limbah, hasilnya tetap berkualitas.

Tidak sedikit orang yang membuat produk kerajinan tangan dengan bahan kain perca. Salah satunya pembuatan sepatu. Anda juga bisa mencoba membuatnya karena dibilang cukup mudah.

Cara membuat sepatu kain perca untuk bayi bisa dibilang mudah dan mampu memberikan hasil yang bagus. Untuk kualitasnya pun tidak murahan.

Learn Extra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *