Perpindahan Kalor Secara Radiasi Tanpa Perantara

by
Perpindahan Kalor Secara Radiasi Tanpa Perantara thumbnail
Ilustrasi perpindahan kalor secara radiasi. Foto: Ist/Catch

Perpindahan kalor secara radiasi dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Kalor atau panas termasuk salah satu dari bentuk energi yang banyak dijumpai dalam kehidupan.

Energi kalor juga dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Radiasi adalah perpindahan panas tanpa adanya perantara atau medium. Terjadinya radiasi hanya pada gas dan ruang hampa udara. 

Melansir Wikipedia, radiasi mendeskripsikan setiap proses saat energi bergerak tanpa melalui media atau ruang. Sehingga akhirnya diserap oleh benda lainnya.

Pada perpindahan kalor tanpa adanya zat perantara dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Terdapat alat yang digunakan untuk mengetahui adanya radiasi kalor yang bernama termoskop. 

Baca Juga: Asal Usul Sel Prokariotik, Hasil Perkembangan Progenot atau Sel Purba

Inilah Contoh Peristiwa Perpindahan Kalor Secara Radiasi

Kalor dari panas matahari tentunya tidak dapat berpindah secara konduksi. Hal itu karena udara yang berada dalam atmosfer merupakan konduktor paling buruk. Kalor dari matahari juga tidak dapat menghantar secara konveksi.

Terlebih antara matahari dan bumi terdapat ruang hampa sehingga tidak dapat menghantarkan kalor. Apabila kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa adanya zat perantara menyebutnya dengan radiasi. Berikut ini beberapa contoh dari radiasi kalor.

Alat Penetas Telur Ayam

Alat penetas telur ayam merupakan sebuah alat yang penggunaannya untuk menetaskan telur tanpa bantuan induk ayam. Pada telur ayam tersebut akan ditetaskan dengan meletakkannya dalam sebuah wadah.

Alat ini memiliki temperatur yang dapat diatur. Alat penetas telur tersebut akan menyinari telur ayam dengan cahaya lampunya. Hal tersebut dengan tujuan agar mendapatkan panas. Peristiwa tersebut termasuk perpindahan kalor secara radiasi.

Api Unggun

Saat sedang melakukan kemah ke pegunungan. Wilayah di pegunungan memiliki udara sangat dingin. Untuk menghangatkan badan, sebaiknya dengan membuat api unggun.

Panas dari api unggun tersebut akan sampai ke tubuh meskipun tanpa adanya zat perantara. Perpindahan panas tersebut termasuk peristiwa radiasi.

Baca Juga: Tingkat Radiasi di Bulan Meningkat dan Berdampak pada Penjelajahan

Menggunakan Baju Hitam Saat Siang Hari

Bahkan saat pergi ke luar rumah pada siang hari yang terik, terlebih dengan menggunakan baju warna hitam, nantinya badan akan mulai merasakan panas. Hal ini karena warna hitam sebagai penyerap kalor radiasi yang paling baik.

Benda-benda dengan warna hitam lebih banyak menyerap kalor. Selain itu, juga memantulkan sebagian kalor apabila membandingkannya dengan benda-benda yang memiliki warna putih dan berkilap.

Menggunakan Baju Hitam Saat Malam Hari

Saat malam hari orang yang menggunakan baju hitam mengalami perpindahan kalor secara radiasi. Nantinya akan lebih merasakan dingin daripada orang yang menggunakan baju putih. Hal tersebut terjadi karena baju warna hitam lebih menyerap kalor yang keluar dari tubuh.

Manfaat Radiasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Perpindahan panas ini banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, ketahui beberapa pemanfaatan dari radiasi berikut ini.

Perapian Rumah

Pada perapian rumah sebagian besar kalor akan naik ke atas cerobong asapnya. Hal itu karena terbawa oleh konveksi udara. Tubuh akan rasakan hangatnya ruangan. Dengan rambatan kalor ke ruang dalam bentuk gelombang elektromagnetiknya. Rambatan yang terjadi merupakan perpindahan kalor secara radiasi.

Rumah Kaca dan Efeknya

Bumi akan menerima energi dari matahari setiap waktu. Mentransmisikan energi tersebut dengan spektrum yang luas. Mulai dari cahaya tampak sampai radiasi infra merah yang tidak terlihat mata. Sekitar sepertiga energi itu memantul kembali ke angkasa luar.

Sisanya akan menembus atmosfer dan memasuki permukaan bumi. Permukaan bumi serap energi tersebut. Selain itu, juga melepaskannya lagi sebagai radiasi infra red. Sebagian dari perpindahan kalor secara radiasi terlepas ke luar angkasa.

Namun sebagian lagi terserap atmosfer, termasuk awan. Kemudian transmisikan sebagai panas ke seluruh permukaan bumi. Proses ini meningkatkan temperatur bumi yang menyebutnya sebagai efek rumah kaca.

Panel Surya

Suatu perangkat ini penggunaannya untuk menyerap radiasi dari matahari. Solar panel terdiri dari wadah logam berongga yang mengecatnya hitam dengan panel depan lengkap bersama kaca.

Logam hitam yang akan menangkap radiasi matahari tersalur secara konduksi melalui logan hitam. Panel surya tersebut sering terpakai pada rumah-rumah sakit. Selain itu, juga untuk memanasi kolam-kolam renang dan lainnya.

Perpindahan kalor secara radiasi tanpa adanya perantara atau medium. Perpindahan panas tersebut baik pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

Read Extra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *