Penyebab Jerawat di Kulit Kepala, Bisa Bikin Rambut Rontok

by
Penyebab Jerawat di Kulit Kepala, Bisa Bikin Rambut Rontok thumbnail
Penyebab jerawat di kulit kepala bisa terjadi karena beberapa hal. Foto: Accumulate/Ist.

Penyebab jerawat di kulit kepala bisa terjadi karena beberapa hal. Kulit kepala menjadi bagian penting untuk menentukan sehat tidaknya rambut kita. Karena kulit kepala sehat menghasilkan rambut sehat.

Permasalahan yang sering dialami rambut awalnya dari tidak sehatnya kulit kepala, seperti ketombe, rambut rontok, lepek, dan masalah rambut lainnya.

Adapun masalah kulit kepala yang tak asing lagi terjadi yaitu jerawat. Banyak orang mengira kalau jerawat umumnya muncul pada bagian kulit wajah dan badan.

Namun ternyata jerawat juga bisa muncul pada bagian kulit kepala. Kemunculannya itu terasa gatal, bahkan sampai menyebabkan kerontokan.

Penyebabnya jerawat di kulit kepala bisa terjadi akibat beberapa hal. Tetapi ada penyebab utamanya yang bisa memicu munculnya jerawat.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini empat penyebab utama munculnya jerawat pada bagian kulit kepala.

Baca Juga :  Manfaat Minyak Biawak untuk Penyembuhan dan Perawatan Kulit

4 Penyebab Jerawat di Kulit Kepala

Penggunaan Shampo yang Tidak Cocok

Menggunakan produk shampo yang tidak cocok dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit kepala. Memilih shampo yang tepat sangat penting guna menentukan kesehatan kulit kepala maupun rambut.

Apabila kamu mengalami masalah jerawat di kulit kepala, mungkin bisa kamu pastikan lagi produk shampo yang sedang kamu gunakan. Karena bisa saja shampo yang kamu gunakan tidak cocok buat kulit kepalamu.

Atau jika kamu menyadari punya kulit kepala sensitif, kamu dapat mencari produk shampo yang sifatnya hypoallergenic. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya masalah iritasi kulit kepala.

Kurang Menjaga Kebersihan Kulit Kepala

Kulit kepala kotor jadi penyebab terbesar timbulnya jerawat. Karena, kotoran yang ada pada kulit kepala bisa memicu tumbuhnya bakteri serta jamur.

Baca Juga :  Rahasia Cantik Alami Wanita India

Karena itu, sebaiknya kamu keramas dua hari sekali supaya kulit kepala tetap bersih, juga terawat. Pijat kulit kepala bisa kamu lakukan agar menjadi rileks. Tapi jangan lupa menggunakan shampo yang cocok untuk kulit kepalamu.

Produksi Keringat Berlebihan pada Kulit Kepala

Penyebab jerawat di kulit kepala juga bisa diakibatkan produksi keringat berlebih. Beberapa hal yang dapat memicu keluar keringat, seperti banyak beraktifitas maupun kegiatan fisik. Terlebih melakukannya di bawah cahaya matahari.

Selain itu, ketika rambut tertutup hijab, topi, helm, serta jenis penutup rambut yang lain. Memakai penutup rambut terlalu lama atau melakukan aktivitas fisik seperti halnya olahraga, bisa menyebabkan produksi keringat pada kulit kepala.

Kondisi itulah yang dapat memicu tumbuhnya jerawat pada kulit kepala, bahkan bisa menimbulkan permasalahan lainnya pada rambut.

Oleh sebab itulah, segera keramas saat kulit kepala kamu berkeringat supaya tidak muncul bakteri atau jamur yang menimbulkan rasa gatal.

Baca Juga :  Options Menggunakan Skincare Wajah agar Bebas dari Jerawat

Pori-pori Kulit Kepala Tersumbat

Sama seperti pori-pori yang ada pada bagian kulit wajah, ternyata pori-pori pada kulit kepala juga dapat tersumbat akibat menumpuknya minyak maupun keringat.

Kemudian, menggunakan produk perawatan khusus rambut secara berlebihan juga bisa menyumbat bagian pori kulit kepala.

Oleh sebab itu, kurangi pemakaian produk khusus perawatan rambut yang memiliki kandungan minyak supaya tidak semakin memperparah masalah jerawat.

Itulah beberapa penyebab utama yang memicu munculnya masalah jerawat di kulit kepala. Jangan lupa juga untuk senantiasa menjaga kebersihan kulit kepala.

Hal tersebut bertujuan untuk mencegah munculnya masalah pada bagian kulit kepala. Sehingga kondisi kulit kepala bisa tetap sehat, serta rambut pun menjadi sehat. (R3/HR-On-line)

Editor : Eva

Be taught More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *