Pengertian Ekosistem dan Contohnya, Simak Penjelasannya Disini!

by
Pengertian Ekosistem dan Contohnya, Simak Penjelasannya Disini! thumbnail
Ilustrasi Pengertian Ekosistem dan Contohnya. Foto: Ist/Catch

Pengertian ekosistem dan contohnya merupakan salah satu cabang dari ilmu biologi. Dimana cabang tersebut merupakan bagian ekologi yang membahas seputar hubungan antar makhluk hidup.

Ekologi sendiri menyerap dari bahasa Yunani, yaitu Oikos yang artinya tempat tinggal dan rumah serta Emblems yang artinya ilmu pengetahuan. Kita bisa mendefinisikan ekologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari keterkaitan alam dengan lingkungan dan organisme yang menghuni di dalamnya.

Dengan kata lain, ekosistem adalah objek yang akan menjadi topik pembahasan ekologi. Topik untuk mempelajari seputar makhluk hidup serta hubungan dan timbal baliknya terhadap lingkungan yang mereka tempati dan sekitarnya.

Ketahui Pengertian Ekosistem dan Contohnya

Pengertian menurut KBBI, ekosistem adalah keanekaragaman komunitas dan lingkungan yang memiliki fungsi menjadi sebagai satu kesatuan dari ekologi alam. 

Sedangkan menurut Soemarwoto (1983), ekosistem merupakan sistem ekologi yang terbangun dengan adanya hubungan timbal balik yang melekat dalam makhluk hidup dengan lingkungannya.

Ekosistem yakni perpaduan dari setiap unit biosistem yang melibatkan hubungan timbal balik. Dimana terdapat interaksi antara organisme dengan lingkungan. Sumber utama dalam ekosistem adalah matahari.

Di dalam bumi ini, kita bisa menemukan beberapa jenis ekosistem. Di masing-masing ekosistem tersebut nantinya komunitas makhluk hidup saling mempertahankan diri dan saling berhubungan satu dengan lainnya.

Pengertian ekosistem dan contohnya ini terdiri dari dua komponen. Pertama komponen biotik yang terdiri dari organisme autotrof (produsen), organisme heterotrof (konsumen), dan dekomposer (pengurai).

Sedangkan yang kedua adalah komponen abiotik yang terdiri dari suhu, air, iklim, tanah, garam, dan sinar matahari. Setiap organisme tersebut tentunya tidak bisa apabila tidak melibatkan interaksi terhadap lingkungan dalam kehidupannya. Akan selalu ada keterkaitan antara keduanya.

Secara umum, ekosistem terbagi menjadi tiga macam, seperti rangkuman di bawah ini.

Ekosistem Akuatik (Air)

Pengertian ekosistem dan contohnya jenis akuatik merupakan ekosistem terbesar yang berada di bumi. Sedikit banyak, ekosistem ini juga bisa terpengaruh ari cahaya matahari, substrat, dan jumlah discipline cloth terlarut.

Adapun jenis-jenis ekosistem akuatik pada ekosistem air tawar yang mana mempunyai kadar garam yang rendah. Ekosistem air laut yang memiliki kadar garam tinggi dengan pergerakan air yang terpengaruh angin.

Selanjutnya, ekosistem Estuari yang merupakan tempat bertemunya laut dan sungai. Ekosistem pantai yang posisinya berada di perbatasan ekosistem darat.

Selain itu, masih ada juga ekosistem sungai, ekosistem terumbu karang, dan ekosistem laut dalam yang mempunyai kedalaman lebih dari 6.00 meter.

Ekosistem Terestrial (Darat)

Pengklasifikasian zona dalam ekosistem darat terpengaruh oleh adanya suhu dan curah hujan. Pengertian ekosistem dan contohnya ini juga dapat terkontrol oleh gangguan dan iklim.

Gangguan bisa mengubah pola ekosistem darat. Sedangkan iklim berperan penting dalam menentukan mengapa suatu ekosistem darat berada di suatu wilayah tertentu.

Contoh dari ekosistem darat atau terestrial ini adalah Tundra. Terletak di bagian bumi utara. Masing sekompleks dengan kutub utara dan terdapat puncak gunung tinggi.

Kemudian ada karst, yang menunjukkan ekosistem dengan ciri kawasan batu gamping, sensitif terhadap erosi, dan termasuk sebagai tanah yang kurang subur.

Contoh yang lainnya dari ekosistem darat adalah Hutan Hujan tropis, Hutan gugur, taiga, sabana, padang rumput, serta gurun.

Ekosistem Artifisial (Buatan)

Pengertian ekosistem dan contohnya jenis man made ini adalah ekosistem yang sengaja manusia ciptakan untuk memenuhi kebutuhannya. Definisi ekosistem artifisial juga meliputi ekosistem yang terbangun atas kreativitas dan usaha manusia.

Nantinya, ekosistem ini akan memperoleh subsidi energi dari makhluk lainnya, seperti hewan atau tanaman yang mendominasi pengaruh dari manusia. Tidak heran apabila keanekaragaman ekosistem buatan ini rendah.

Untuk contoh dari ekosistem buatan ini adalah berupa bendungan, sawah irigasi, agroekosistem berupa sawah tadah hujan, perkebunan kelapa sawit, serta hutan tanaman sebagai budidaya jati dan pinus.

Di sisi lain, ekosistem buatan juga terbentuk di daerah perkotaan atau desa yakni berupa pemukiman, hingga ekosistem ruang angkasa.

Kesimpulan Mengenai Pengertian Ekosistem dan Contohnya

Setelah membaca artikel di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwasannya ekosistem merupakan sebutan untuk keterkaitan antara alam dengan lingkungan dan organisme yang tinggal di dalamnya.

Ekosistem dapat terpengaruh dari tangan manusia, dari bencana dan gangguan alam itu sendiri. Ulah manusia yang positif akan memberikan dampak pada ekosistem, dan tindakan negatif pun juga akan meninggalkan bekas.

Maka dari itu, agar tidak rusak ekosistem-ekosistem yang ada di muka bumi ini, kita harus bisa menjadi manusia yang bijak dengan alam dan lingkungannya.

Demikian rangkuman mengenai pengertian ekosistem dan contohnya kami buat. Semoga bisa memperluas wawasan pembaca semuanya.

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *