Masuki Musim Hujan, PPL-Petani Talagasari Ciamis Atur Strategi Tanam

by
Masuki Musim Hujan, PPL-Petani Talagasari Ciamis Atur Strategi Tanam thumbnail

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Masuki musim hujan, para petani Desa Talagasari bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengatur strategi perencanaan dan masa panen.

Hal tersebut dilakukan agar hasil produksi dari lahan pertanian baik sawah maupun darat bisa lebih optimum dan menggembirakan.

“Kita rapatkan barisan untuk melakukan rencana budidaya tanaman dengan baik dan benar. Terutama saat ini yang masuki musim hujan,” ucap PPL Kecamatan Kawali, Andri, saat silaturahmi dengan petani Desa Talagasari, di Saung Sawah, Desa Talagasari, Rabu (22/9/2021).

Lebih lanjut Andri menambahkan, petani harus lebih waspada saat melakukan budidaya tanaman ketika cuaca sekarang ini yang masuki musim hujan.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada para petani untuk memperbaiki saluran air yang rusak atau tidak berfungsi.

“Saluran air harus lancar. Sehingga pengolahan tanah nantinya bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Sementara untuk strategi perencanaan lahan darat yang jarang dimanfaatkan, sambung Andri, para petani akan mengoptimalisasinya dengan mengembangkan jagung hibrida.

Sedangkan untuk lahan sawah, dengan mengoptimalkan alat dan mesin pertanian (alsintan).

“Sehingga dengan alsintan tersebut, maka pengolahan tanah bisa serempak. Dan, masa tanam nantinya juga bisa serempak,” tuturnya.

Hadir dalam silaturahmi tersebut sekaligus mengatur strategi masuki musim hujan, antara lain kelompok tani se Desa Talagasari dan Gapoktan. Selain itu, PPL wilayah binaan Kecamatan Kawali, Kepala Desa, BPD dan Babinsa Talagasari. (Edji/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *