Manfaat Minyak Tawon untuk Atasi Diare hingga Melegakan Nafas

by
Manfaat Minyak Tawon untuk Atasi Diare hingga Melegakan Nafas thumbnail
Segudang manfaat minyak tawon untuk kesehatan. Foto: Ist/Rep

Manfaat minyak tawon selama ini terkenal sebagai minyak gosok atau minyak pijat. Padahal sebenarnya selain sebagai minyak gosok, minyak tawon juga masih banyak gunanya khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sebagian orang menganggap minyak tawon ini terbuat dari bahan tawon (serangga dari jenis Apokrita subordo). Sehingga namanya sesuai dengan jenis hewan menyengat tersebut. Padahal sebenarnya bukan begitu.

Minyak tawon adalah jenis minyak yang dalam pembuatannya mencampurkan berbagai bahan dasar. Seperti cengkeh, daun lada, jahe, kunyit, bawang, minyak kelapa dan minyak kayu putih.

Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan

Minyak tawon merupakan salah satu natural yang telah lama menjadi pengobatan tradisional masyarakat kita. Lantas apa saja manfaatnya? Nah, berikut ini berbagai manfaat minyak tawon untuk kesehatan yang banyak orang belum tahu.

Membantu Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala bisa terjadi karena berbagai faktor. Kelelahan, dehidrasi, demam, atau flu dapat mengakibatkan seseorang mengalami sakit kepala. Apapun faktor penyebab sakit kepala Anda, coba atasi dengan minyak tawon.

Cara meredakan sakit kepala dengan mengambil manfaat dari minyak tawon cukup mudah. Tuangkan saja minyak tawon pada telapak tangan.

Selanjutnya gosokkan pada bagian samping kepala secara perlahan sambil  dengan melakukan pijatan. Ini berguna untuk melancarkan sirkulasi darah pada bagian kepala. Setelah beberapa saat, sakit kepala Anda akan membaik.

Mengobati Sakit Perut dan Diare

Bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan tak perlu merasa khawatir. Karena gangguan pencernaan Anda juga bisa anda atasi dengan mengoleskan minyak tawon pada bagian perut yang sakit.

Sakit perut karena diare atau maag bisa juga kita redakan dengan manfaat minyak tawon ini. Cukup dengan menggosokkannya pada bagian tubuh yang sakit dan melakukannya secara berulang.

Membantu Melegakan Sistem Pernapasan

Minyak tawon tidak seperti minyak lain, aromanya sangat khas. Bahkan aroma khasnya dapat membantu melegakan sistem pernapasan. Anda yang mengalami flu atau hidung tersumbat bisa mengatasinya dengan menghirup uap minyak tawon.

Aroma cajuput oil dari minyak tawon yang bersifat aromaterapi, bisa kita tambah dengan aroma khas minyak serai, bawang dan kunyit.

Campuran dari ramuan minyak tawon tersebut juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi udara pada residence hidung. Hidung Anda yang tersumbat pun akan lebih lega.

Selain dapat melegakan saluran pernapasan dan mengatasi hidung tersumbat, kandungan cajuput oil pada minyak tawon juga dapat menghangatkan tubuh.

Sedangkan kandungan bawang merahnya memberikan efek vasodilatasi yang ketika kita gosokkan pada kulit menjadikan peredaran darah lancar. Sehingga mampu mengatasi masuk angin tanpa perlu dengan kerokan.

Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Karena fungsinya melancarkan sirkulasi darah, oleh sebab itu pegal-pegal atau capek pun bisa kita atasi dengan menggunakan manfaat minyak tawon. Oleskan saja minyak natural ini sambil dengan pemijatan pada residence tertentu badan akan terasa lebih ringan.

Dengan fungsi inilah seringkali minyak tawon menjadi minyak untuk pemijatan. Anda perlu menyediakan minyak natural ini di rumah agar bisa menggunakannya setiap saat.

Meredakan Gatal dan Mencegah Gigitan Nyamuk

Untuk mencegah dan mengusir gigitan nyamuk, Anda dapat mengoleskan minyak tawon pada bagian tubuh tipis-tipis. Aroma minyak tawon yang menyengat, sama halnya dengan aroma minyak kayu putih yang membuat nyamuk tidak suka.

Dengan manfaat minyak tawon ini Anda pun bisa beraktivitas secara same old tanpa perlu takut atau risih karena terganggu oleh nyamuk yang suka menggigit dan menyebabkan gatal.

Ekstrak kunyit yang dalam minyak tawon mengandung senyawa aktif curcumin. Senyawa ini sangat berkhasiat untuk menurunkan risiko terjadinya peradangan pada kulit.

Minyak Tawon Memiliki Manfaat Menyembuhkan Luka

Tak banyak orang yang tahu bahwa minyak tawon bahkan dapat membantu mengatasi luka. Baik luka bakar, luka karena khitan, luka lecet, terkena pisau atau luka ringan lainnya bisa kita obati dengan minyak tawon.

Untuk mengobati luka dengan minyak tawon, caranya cukup mudah. Anda cukup perlu menuangkan minyak tawon pada kapas dan kemudian letakkan dengan cara mengompres pada bagian yang terluka untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Itulah berbagai manfaat minyak tawon untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan, namun tak banyak orang tahu. Anda bisa menggunakan minyak natural ini untuk mengatasi berbagai masalah dengan aman dan tanpa efek samping. (R11/HR-Online)

Learn Extra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *