Makanan Penyebab Darah Rendah, Hindari atau Batasi Konsumsinya

by
Makanan Penyebab Darah Rendah, Hindari atau Batasi Konsumsinya thumbnail
Kenali makanan penyebab darah rendah. Foto: Ist/Procure

Makanan penyebab darah rendah tentunya harus Anda hindari jika tak ingin tensi drop. Ada banyak jenis makanan atau minuman yang bisa menurunkan tekanan darah. Seperti mentimun yang cukup populer hingga minuman berkafein.

Tekanan darah rendah standard juga dengan sebutan hipotensi. Mengutip dari Wikipedia, hipotensi lebih sering terjadi karena adanya perubahan posisi tubuh. Hal ini karena tubuh yang tak mampu mengontrol tekanan darahnya.

Ketidakmampuan tubuh dalam mengendalikan tekanan darah berkaitan dengan berbagai ingredient. Baik karena obat tertentu hingga adanya suatu penyakit. Hipotensi akut bisa terjadi karena kegagalan adrenalin hingga gangguan fungsi jantung.

Umumnya tekanan darah rendah kita kenal sebagai suatu kondisi yang terjadi ketika tekanan darah seseorang berada lebih rendah dari tekanan darah typical yang seharusnya. Penderita hipotensi juga perlu menghindari makanan penyebab darah rendah. 

Selain karena capek, tekanan darah yang rendah juga bisa terjadi karena mengonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman. Karena itu menjaga pola makan penting dalam menjaga tekanan darah.

Jenis Makanan Penyebab Darah Rendah

Berikut ini kami berikan informasinya tentang apa saja makanan yang dapat menyebabkan darah rendah dan wajib dihindari mereka yang memiliki riwayat hipotensi. Simak daftarnya berikut ini!

Baca Juga :  Penyebab Darah Rendah Akibat Dehidrasi Hingga Penyakit Jantung

Buah Mentimun

Makanan penyebab darah rendah yang pertama adalah buah mentimun. Mentimun memang buah yang banyak mengandung weight-reduction procedure dan mineral, akan tetapi pantang orang pengidap darah rendah mengonsumsinya.

Hal ini karena mentimun bersifat mendinginkan sehingga tekanan darah bisa tertahan dalam tubuh. Sebaliknya, mentimun sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Bayam

Sayur bayam seringkali kita olah menjadi aneka ragam menu makanan seperti pecel, tumisan atau lalapan. Walau punya banyak manfaat bagi kesehatan, sayur ini tidak baik untuk penderita hipotensi.

Sayur ini tidak cocok menjadi konsumsi penderita hipotensi dan akan sangat cocok untuk penderita hipertensi. Bayam menjadi sumber kalium yang sangat bagus dalam membantu menurunkan tekanan darah.

Oleh sebab itu penderita hipotensi harus menghindari pengonsumsiannya terlalu sering dan berlebihan.

Baca Juga : Kaki Berkeringat Dingin, Waspadai Penyebabnya dari Penyakit Berbahaya

Makanan atau Minuman Mengandung Kafein

Ada beberapa minuman atau makanan penyebab darah rendah yang sebaiknya Anda hindari. Terutama yang mengandung kafein seperti kopi atau teh.

Kedua makanan tersebut wajib Anda hindari oleh orang yang mengalami darah rendah. Hal ini karena tidak baik untuk tekanan darah dan mengakibatkan orang yang mengonsumsinya mengalami pola tidur yang terganggu.

Padahal para ahli sepakat bahwa orang yang mengalami hipotensi wajib memiliki waktu istirahat yang cukup. Oleh sebab itu Anda yang mengalami hipotensi, gunakan waktu sebanyak mungkin untuk istirahat.

Belimbing

Belimbing termasuk salah satu jenis buah yang memiliki sifat mendinginkan dan menekan tekanan darah supaya tidak meningkat terus menerus. Oleh sebab itu belimbing sangat penting sebagai konsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Akan tetapi jika Anda sudah mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah dan mengonsumsi buah belimbing maka tekanan darah tidak seimbang dan semakin menurun.

Baca Juga :  Badan Terasa Sakit Semua, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Seledri

Jenis makanan penyebab darah rendah lainnya adalah seledri. Seledri termasuk jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh akan tetapi termasuk salah satu makanan yang dapat menyebabkan tekanan darah menurun.

Kandungan methanol yang tinggi menjadi penyebab penurunan tekanan darah karena seledri. Oleh sebab itu para ahli menyarankan agar seledri tidak Anda konsumsi secara berlebihan utamanya bagi penderita hipotensi.

Seledri akan aman untuk konsumsi sesekali namun tidak sering dan tetap perhatikan proporsi ketika mengonsumsinya.

Daun Katuk

Berbagai olahan menu makanan seperti aneka tumisan dan sup seringkali olahannya dengan campuran dengan daun katuk. Biasanya daun katuk juga kita jadikan bahan makanan pelancar ASI. Banyak kandungan kesehatan di dalam daun katuk ini.

Salah satunya kandungan kalsium pada daun katuk sangat besar sehingga seringkali dianggap dapat membantu mengurangi berbagai tekanan darah tinggi.

Sementara bagi penderita tekanan darah rendah, sebaiknya tidak mengonsumsi daun katuk utamanya jika berlebihan karena dapat mengakibatkan tekanan darah semakin menurun.

Daun katuk boleh kita konsumsi sepanjang tidak berlebihan dan tidak berada pada ambang batasnya agar manfaat kesehatan bisa kita dapatkan.

Itulah berbagai jenis makanan penyebab darah rendah yang perlu Anda tahu dan hindari untuk menjaga agar tekanan darah tetap dalam kondisi typical. Jaga selalu kesehatan Anda setiap saat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *