Lockdown Makin Ketat, Australia Hadapi Pandemi Paling Buruk!

by
Lockdown Makin Ketat, Australia Hadapi Pandemi Paling Buruk! thumbnail

Jakarta, CNBC Indonesia – Kota terbesar di Australia, Sydney di Current South Wales mengumumkan pembatasan kegiatan yang lebih ketat dengan denda yang lebih berat pada hari Sabtu. Keputusan ini dilakukan ketika Australia sedang berjuang menekan wabah Delta dan menghadapi situasi “pandemi yang paling mengkhawatirkan” sejauh ini.

“Hari ini adalah hari pandemi yang paling mengkhawatirkan yang pernah kita lihat,” kata perdana menteri negara bagianĀ Current South Wales Gladys Berejiklian kepada wartawan di Sydney, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (14/8/2021).

Ia menggambarkan upaya untuk menekan wabah ini sebagai perang melawan force Delta “jahat” dan Australia menghadapi ancaman signifikan dari wabah tersebut. “Untuk beberapa waktu, kami mengira Australia berbeda dengan bagian lain dunia, tapi ternyata tidak.”



Setelah berbulan-bulan mengejar purpose bebas kasus Covid-19 (Covid Zero), Australia telah mengunci lebih dari 10 juta orang di dua kota terbesarnya dan ibu kota Canberra.

Penduduk Sydney yang sudah memasuki minggu kedelapan di bawah perintah tinggal di rumah, sekarang akan dikenakan denda yang lebih besar jika melanggar aturan.

Pembatasan penguncian juga diperpanjang di seluruh negara bagian Current South Wales untuk pertama kalinya tahun ini, mulai berlaku pada Sabtu sore selama setidaknya tujuh hari. Polisi akan meningkatkan patroli dan pos pemeriksaan, sementara ratusan personel pasukan pertahanan lainnya akan membantu menegakkan perintah tinggal di rumah.

Warga masih diizinkan meninggalkan rumah untuk berolahraga, berbelanja, perawatan kesehatan dan pekerjaan penting – tetapi polisi akan meningkatkan upaya untuk menegakkan pembatasan.

Saat ini, wabah di negara bagian Current South Wales yang paling padat penduduknya mencapai rekor harian dari 466 kasus.

Kebangkitan itu telah meningkatkan kritik terhadap program vaksinasi yang lamban di negara itu, dengan hanya seperempat dari warga Australia yang memenuhi syarat yang sudah divaksinasi sepenuhnya.



[Gambas:Video CNBC]



(hoi/hoi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *