Keluarga Nakes Saudi yang Wafat Gegara Covid Dapat Rp1,92 M

by
Keluarga Nakes Saudi yang Wafat Gegara Covid Dapat Rp1,92 M thumbnail

Foto: Suasana Kakbah, Makkah, Arab Saudi, beberapa waktu lalu. (AP/Amr Nabil)

Jakarta, CNBC Indonesia – Kerajaan Arab Saudi mulai memberi kompensasi kepada keluarga tenaga kesehatan (nakes) yang meninggal Covid-19. Setiap keluarga akan menerima US$ 133.000 atau setara Rp 1,92 miliar (kurs Rp 14.500/US$), seperti yang dilansir AFP, Minggu (8/9/2021).

Sebelumnya, kerajaan pada Oktober lalu mengatakan akan menyalurkan 500.000 Saudi Riyals kepada keluarga nakes yang bekerja menangani pasien Covid-19. Mereka termasuk yang berasal dari sektor pemerintahan, swasta, masyarakat umum, militer, non militer hingga berkebangsaan Arab Saudi atau tidak.

Keputusan itu berlaku sejak tanggal infeksi pertama yang terjadi di sana, tepatnya pada 2 Maret 2020 lalu.

Saudi Press Agency (SPA) juga melaporkan dimulainya distribusi dana kepada keluarga nakes yang telah meninggal karena Covid-19.

“Mereka memberikan hidupnya dalam perang melawan pandemi, untuk menjaga kesehatan dan keselamatan warga dan penduduk di Saudi,” kata SPA.

Tapi sampai saat ini masih belum jelas jumlah whole nakes yang meninggal karena Covid-19 di Saudi. Sebab, ada ribuan nakes yang berasal dari luar negeri dipekerjakan di negeri itu.

Pemerintah sendiri sampai saat ini juga mendorong vaksinasi Covid-19 untuk membangkitkan kembali industri pariwisata di sana. Mulai dari acara kompetisi olah raga dan hiburan.

Lebih dari 29 juta orang yang sudah melakukan vaksinasi di negeri itu, dari whole penduduk terdaftar 35 juta orang. Demikian pernyataan Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Vaksinasi Covid-19 adalah mandatori bagi orang yang ingin memasuki bangunan pemerintah maupun swasta, termasuk sarana pendidikan, tempat hiburan juga transportasi umum.

Saudi melaporkan whole kasus Covid-19 mencapai 533 ribu orang dan lebih dari 8.300 orang meninggal.




[Gambas:Video CNBC]



(miq/miq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *