Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal, Anak Muda Sering Melakukannya

by
Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal, Anak Muda Sering Melakukannya thumbnail
Kebiasaan buruk yang merusak ginjal perlu Anda hindari. Foto: Ilustrasi/Glean.

Kebiasaan buruk yang merusak ginjal perlu Anda hindari, terutama bagi anak muda. Karena, mereka tidak sadar kalau kebiasaannya itu dapat merusak ginjal yang bisa berakibat deadly bagi kesehatannya.

Seperti kita ketahui bahwa fungsi ginjal dalam tubuh manusia sangat penting. Selain sebagai penyaring makanan, ginjal juga berfungsi untuk membuang limbah dari dalam tubuh. Seperti racun, urea dan garam berlebih.

Apabila ginjal rusak, otomatis proses tersebut menjadi terhambat dan mengakibatkan limbah tersebut menumpuk di dalam darah.

Namun sayangnya bagi sebagian orang sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang mengakibatkan rusaknya ginjal. Terutama kalangan anak muda.

Ginjal yang rusak dapat memicu munculnya berbagai jenis penyakit, seperti infeksi ginjal, batu ginjal, gagal ginjal kronis, gagal ginjal akut dan lainnya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal. Anak muda harus mewaspadainya!

Baca Juga :  Gejala Awal Penyakit Ginjal yang Wajib Diketahui Sebelum Terlambat

Waspadai Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal

Kurang Gerak

Malas gerak atau kurang gerak bisa menjadi pemicu terganggunya ginjal dalam tubuh. Saat masa pandemi seperti sekarang ini kita dihimbau untuk diam di rumah.

Kondisi tersebut tentunya rentan bagi anak muda untuk tidak melakukan aktivitas apa pun. Hanya duduk menonton televisi, bekerja, atau belajar.

Melakukan aktifitas olahraga atau sekedar jalan kaki menjadi berkurang. Atau tidak berolahraga, bahkan tidak melakukannya sama sekali.

Kebiasaan buruk tersebut dapat menjadi penyebab terganggunya kesehatan ginjal. Sebab, melakukan aktivitas secara fisik sangat berpengaruh terhadap meningkatnya aliran darah serta metabolisme glukosa.

Meski Anda hanya berdiam di rumah saja saat pandemi ini, namun bukan berarti harus bermalas-malasan. Anda masih tetap bisa melakukan aktivitas olahraga secara rutin di rumah.

Baca Juga :  Gangguan pada Ginjal Akan Picu Penyakit Berbahaya, Waspadalah!

Sering Menahan Kencing (Buang Air Kecil)

Biasanya anak muda sering menahan kencing ketika asyik predominant recreation, nonton drakor (drama Korea), predominant smartphone, atau bahkan sedang bekerja.

Karena menganggapnya aktivitas tersebut lebih penting ketimbang buang air kecil. Padahal itu adalah kebiasaan buruk yang merusak ginjal jika terus-menerus dilakukan.

Dampak buruknya menimbulkan penyakit gagal ginjal, yaitu kondisi ginjal yang tak lagi mampu menyaring limbah dan racun dari tubuh akibat sudah rusak.

Agar terhindar dari kondisi tersebut, sebaiknya hentikan dulu semua aktivitas yang tengah Anda lakukan dan secepatnya ke lavatory ketika sudah kebelet ingin kencing.

Kurang Konsumsi Air Putih

Kurang konsumsi air putih juga merupakan kebiasaan buruk yang merusak ginjal. Anak muda banyak yang lebih memilih minuman utamanya jus, minuman kemasan, soda, dan jenis minuman lainnya.

Baca Juga :  Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Selalu Bugar dan Jauh dari Penyakit

Padahal, air putih adalah minuman terbaik yang dibutuhkan tubuh. Oleh sebab itu, kurang minum air putih membuat asupan air dalam tubuh turun drastis, dan mengakibatkan munculnya penyakit batu ginjal.

Kondisi tersebut terjadi karena darah jadi kental serta mineral mengendap pada ginjal, sehingga terbentuk batu ginjal. Jika dibiarkan terlalu lama akan berakibat pada gagalnya fungsi ginjal.

Banyak Konsumsi Gula

Terlalu banyak asupan gula dalam tubuh menjadi salah satu kebiasaan buruk yang merusak ginjal. Karena, meningkatnya tekanan darah atau hipertensi bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan ginjal. Jadi sebaiknya perhatikan pula asupan gula harian supaya terhindar dari risiko terkena penyakit ginjal.

Konsumsi Garam Berlebihan

Bukan hanya gula, terlalu sering mengonsumsi garam secara berlebihan juga menjadi kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal.

Masalah tersebut sering terjadi pada mereka yang menyukai rasa asin. Cita rasa yang gurih dan asin memang bikin nagih. Kita memang tidak bisa berhenti untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Tetapi, konsumsi garam secara berlebihan juga bisa berdampak terhadap kesehatan ginjal. Fungsi ginjal untuk mengeluarkan cairan pun menjadi terhambat. Sehingga, cairan menumpuk dan tekanan darah pun meningkat.

Itulah kebiasaan-kebiasaan buruk yang merusak ginjal, jadi sebaiknya dari sekarang Anda hindari kebiasaan buruk tersebut. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

Learn Extra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *