Karya Tulis Peserta ILPN Kota Banjar akan Diabadikan Perpusnas

by
Karya Tulis Peserta ILPN Kota Banjar akan Diabadikan Perpusnas thumbnail
Para peserta Inkubator Literasi Pustaka Nasional usai acara di Yayasan Ruang Baca Komunitas Kota Banjar. Foto: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 12 karya tulis peserta ILPN (Inkubator Literasi Pustaka Nasional) Kota Banjar, Jawa Barat, akan diabadikan dalam sebuah buku karya yang diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional melalui Perpusnas Press.

Karya tulis tersebut merupakan naskah terbaik yang peserta ILPN kirim sejak pegiat literasi Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) Kota Banjar mensosialisasikannya pada 10 Juni-10 Juli lalu.

Pendiri YRBK Kota Banjar, Sofyan Munawar mengatakan, 12 karya tulis peserta ILPN itu merupakan karya dari para pegiat literasi yang terdiri dari aktivitas mahasiswa, dan Komunitas Forum Taman Bacaan Masyarakat.

Kedua belas peserta yang naskahnya terpilih itu berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti dari IPB Bogor, UPI Bandung, UII Yogyakarta.

Kemudian dari UNPAD Bandung, Unsil Tasikmalaya. UIN Bandung, UPI Bandung, STISIP BP Banjar. Serta perwakilan santri pondok pesantren yang ada di Kota Banjar.

“Para peserta terpilih telah menuliskan ragam artikel dengan tema Bela Negara dari berbagai sudut pandang. Termasuk pentingnya literasi,” kata Sofyan Munawar kepada HR Online, Senin (20/09/2021).

Nantinya, lanjut Sofyan, karya tulis terpilih tersebut akan digabungkan dengan tulisan lainnya yang berasal dari perwakilan aktivitas mahasiswa, dan Forum Taman Bacaan Masyarakat Kota Banjar. 

Selanjutnya, keseluruhan naskah tersebut akan dibukukan dengan naskah peserta ILPN lainnya. Serta hasil karya Inkubator Literasi Pustaka Nasional oleh Perpusnas Press Jakarta.

Baca Juga :  Safari Kampus, YRBK Kota Banjar Sosialisasi Inkubator Literasi Perpusnas

“Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan Inkubator Literasi di Kota Banjar ini, sehingga dapat berjalan lancar. Kemajuan literasi akan lebih mudah kita raih jika semua pihak terus bersinergi dan saling berkolaborasi,” imbuh Sofyan.

DKP Kota Banjar Sambut Positif Kegiatan ILPN

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Banjar, Nia Permasih, memberikan apresiasi dan menyambut positif kegiatan tersebut.

Menurutnya, Inkubasi Literasi Pustaka merupakan cara untuk menunjukkan eksistensi para pegiat literasi sekaligus penulis. Sehingga masyarakat bisa lebih mengenal karya mereka. Khususnya masyarakat Kota Banjar.

Untuk itu, lanjut Nia, pihaknya mengajak semua pihak untuk terus berkolaborasi menciptakan karya-karya baru yang berkualitas. Agar nanti generasi selanjutnya bisa merasakan manfaatnya.

“Tentu kami menyambut positif kegiatan literasi ini. Semoga dari kegiatan ini akan melahirkan karya-karya baru seperti buku hasil Inkubator Literasi Chapter Kota Banjar ini,” harap Nia. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva

Be taught More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *