Kamar Mezzanine Minimalis dengan Desain Cantik dan Contemporary

by
Kamar Mezzanine Minimalis dengan Desain Cantik dan Contemporary thumbnail
Ilustrasi Kamar Mezzanine Minimalis. Foto: Ist/Secure

Kamar mezzanine minimalis menjadi solusi bagi mereka yang menginginkan ruangan sempit, namun lebih bermanfaat. Mezzanine merupakan ruang tambahan yang terletak antara lantai bawah dengan plafon.

Untuk menerapkan mezzanine, maka Anda harus memiliki plafon atau langit-langit yang tinggi. Langit-langit yang tinggi membuat mezzanine tersebut terkesan luas dan tidak sempit. Karena tujuan utama adalah memaksimalkan kapasitas ruangan dan menghemat pengeluaran.

Faktor yang Diperhatikan dalam Pembuatan Kamar Mezzanine Minimalis

Keberadaan mezzanine biasanya memanfaatkan ketinggian ruangan untuk berbagai aktivitas tambahan. Sehingga sang pemilik rumah memaksimalkan ruangan tersebut untuk kamar atau ruang tidur.

Namun, mendesain kamar tidur yang tetap menarik tentu perlu memperhatikan beberapa faktor. Karena dengan kamar mezzanine yang menarik, maka membuat tampilannya juga lebih cantik dan elegan.

Untuk itu, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kamar mezzanine adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  Pintu Sliding Kamar Tidur Minimalis Bisa Menghemat Ruang

Tinggi Plafon yang Ultimate

Untuk membuat kamar mezzanine, maka dibutuhkan tinggi plafon yang very finest sekitar 5 meter. Dengan ketinggian tersebut, maka kenyamanan Anda saat berada di mezzanine akan terjamin.

Terutama untuk pengangkutan barang ke ruang mezzanine akan lebih mudah. Namun yang perlu diingat, sebaiknya Anda membuatnya tidak terlalu tinggi agar tak membahayakan nantinya.

Setidaknya tinggi plafon kamar mezzanine minimalis dengan plafon adalah 3-5 meter. Anda sisakan ruang berukuran tinggi 1,2 meter hingga 1,5 meter untuk jarak tempat tidur dengan plafon.

Hal ini demi kesehatan karena jika terlalu dekat, maka risiko debu dari langit-langit akan mengganggu Anda.

Pilih Bahan Berkualitas

Meskipun Anda tak membutuhkan rangka beton, namun Anda tetap membutuhkan bahan berkualitas. Hal ini untuk menghasilkan ruang tambahan yang memiliki daya kuat.

Baca Juga :  Desain Kamar Mandi Dalam Kamar Tidur, Tetap Aman dan Nyaman

Anda harus benar-benar memastikan bahwa bahan tersebut nantinya kuat dan menampung beban berat meski dalam waktu yang lama.

Pembuatan

Jika Anda telah menentukan pilihan rangka mezzanine, maka Anda perlu melapisi rangka dengan panel-panel seperti GRC. Panel tersebut Anda sesuaikan dan lapisi dengan cat anti gores. Selain itu, juga bisa dengan karpet.

Pencahayaan

Selanjutnya yang menjadi pertimbangan kamar mezzanine minimalis adalah dari segi pencahayaan. Pencahayaan nantinya harus benar-benar yang sempurna.

Sehingga ruang mezzanine nantinya mendapatkan pencahayaan yang cukup. Hal ini bisa dari tambahan jendela samping hingga pencahayaan atap serta lampu untuk di ruang tersebut.

Furniture Untuk Mezzanine

Anda harus memperhatikan furniture yang akan ditempatkan di mezzanine. Sesuaikan dengan konsep dan pilih furniture yang tidak terlalu berat.

Baca Juga :  Plafon PVC Kamar Tidur Menambah Kenyamanan Saat Rebahan

Selain itu, pilihlah yang tidak terlalu memakan tempat. Lalu memiliki ketinggian yang standar agar ketika dimasukkan ke ruangan tidak melebihi yang seharusnya.

Memperhatikan Ruang Atas dan Bawahnya

Kamar mezzanine minimalis selanjutnya yaitu perlu memperhatikan ruang di atas dan bawahnya. Buatlah mezzanine yang memadai.

Hal ini memperhatikan kenyamanan gerak Anda ketika berada di tempat tersebut. Terutama untuk berdiri dan beraktivitas. Anda bisa menjadikan ruang bawah untuk penyimpanan atau sirkulasi saja.

Sirkulasi Udara

Hal yang paling penting adalah sirkulasi udara. Ini sangat penting karena ketika membuat mezzanine, maka suhu yang berada di atas tersebut meningkat, sehingga mampu membuat tidak nyaman.

Karena kerap panas, maka Anda perlu memperhitungkan dari awal. Solusinya, Anda tempatkan bukaan yang cukup atau memasang insulator.

Pemasangan Tangga Sederhana

Elemen kamar mezzanine minimalis lainnya yang perlu Anda perhitungkan adalah tangga. Anda bisa membuatnya secara cermat. Bahan yang Anda gunakan bisa berupa besi dan logam.

Namun buatlah dengan desain sederhana dan tidak ribet. Karena berhubungan dengan keselamatan anggota keluarga, pilihlah tangga dengan model lurus dan hindari tipe spiral karena kurang efektif.

Warna Dasar

Anda pilih warna dasar dari kamar mezzanine minimalis. Rancangan yang sempurna adalah dengan warna dan tema yang Anda sukai.

Perpaduan warna putih dan hitam juga mampu membuat ruang tersebut terlihat elegan dan luas. Hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok dan ramai.

Hal ini membuat ruang tersebut semakin terlihat sempit. Kamar mezzanine minimalis tersebut dapat menjadi tempat yang nyaman untuk istirahat Anda.

Terapkan penataan furniture yang tepat sehingga Anda tetap bebas melakukan apa saja di kamar tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

Read Extra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *