Kabar Buruk Bagi yang Mimpikan iPhone 13 Series, Berani Baca?

by
Kabar Buruk Bagi yang Mimpikan iPhone 13 Series, Berani Baca? thumbnail

Foto: Antrian pembeli Iphone 13 di New York. (AP/Richard Drew)

Jakarta, CNBC Indonesia – Pembeli iPhone 13 baru Apple berpotensi masih harus menunggu waktu pengiriman yang lebih lama, karena gelombang Covid-19 di Vietnam dan adanya fitur kamera baru oleh raksasa teknologi AS.

Berdasarkan sumber, gangguan ini terutama terkait dengan terbatasnya pasokan modul kamera untuk empat model iPhone 13 karena sejumlah besar komponennya dirakit di Vietnam.

Meski demikian, sumber pasokan perangkat ini memperkirakan peluncuran iPhone baru tahun ini akan relatif lancar, mengingat sebagian besar perubahan pada perangkat yang diperbarui hanya bersifat inkremental dan Apple telah mampu menimbun banyak komponen utama.



Dilansir dari Nikkei, masalahnya perusahaan telah memperluas penggunaan optical characterize stabilization (OIS) sensor-shift baru ke keempat model iPhone ketika sebelumnya hanya ada di iPhone 12 Official Max top charge. Hal ini membuat pemasok harus meningkatkan produksi tanpa membahayakan kualitas produksi, dengan pembatasan ketat akibat Covid-19.

“Assembler masih bisa memproduksi iPhone baru, tapi ada celah pasokan karena persediaan modul kamera hampir habis,” kata salah satu eksekutif dengan pengetahuan langsung, dilansir dari Nikkei, Senin (4/10/2021). “Tidak ada yang bisa kami lakukan selain memantau situasi di Vietnam setiap hari dan menunggu mereka meningkatkan produksinya.”

Situasi diperkirakan membaik segera sekitar pertengahan Oktober karena produksi di salah satu fasilitas manufaktur modul kamera iPhone utama di Vietnam selatan secara bertahap dilanjutkan dalam beberapa hari terakhir, setelah beberapa bulan terjadi gangguan secara konstan.

Waktu tunggu saat ini untuk iPhone 13 Official Sierra Blue 512 gigabyte (GB) hingga lima minggu di China, pasar terbesar ketiga Apple. Sementara waktu tunggu untuk model yang sama juga lima minggu di Jepang dan empat minggu minggu di AS, menurut situs web perusahaan. Bahkan waktu tunggu untuk iPhone 13 mini, adalah 7-10 hari di China dan AS dan hingga 15 hari di Jepang.

Terkait hal ini, Apple menolak memberikan komentarnya. Perdana Menteri Pham Minh Chinh mengatakan pemerintah bertujuan untuk membawa negara itu kembali ke tingkat hampir standard pada akhir bulan ini.


“Memang ada keterbatasan pasokan modul kamera untuk seri iPhone 13 karena pandemi, tetapi dampak pada pengiriman iPhone baru masih dapat dikelola,”kata Analis Senior Isaiah Research Eddie Han.

Han mengatakan ada kekhawatiran pembatasan pasokan listrik di China terus mempengaruhi papan sirkuit cetak, bahan dan pemasok petrokimia, karena kemungkinan akan berdampak pada pasokan komponen untuk iPhone pada kuartal mendatang.

Seperti perusahaan lain, Apple telah bergulat dengan kekurangan chip dan komponen yang belum pernah terjadi sebelumnya sepanjang tahun yang telah berpengaruh pada pendapatannya. Kekurangan chip ini juga menyebabkan waktu pengiriman lebih lama dari yang diperkirakan untuk iPad dan iPad mini baru.

Apple telah membatasi konsumen di China untuk maksimum dua pembelian iPad untuk model yang baru diluncurkan, situs webnya menunjukkan, sebuah tanda bahwa persediaan ini juga dibatasi. Sementara itu, banyak pemasok Apple sekarang berebut untuk menanggapi penghentian produksi yang meluas minggu ini di beberapa kota Cina di provinsi Jiangsu, Zhejiang, dan Guangdong.

Nikeei mencatat Pengetatan kontrol konsumsi energi Beijing telah menyebabkan terhentinya pasokan listrik industri di seluruh provinsi. Sejauh ini, perakit iPhone utama Foxconn, Pegatron dan Luxshare belum terpengaruh secara signifikan oleh pemadaman listrik. Pemasok pun khawatir tentang gelombang penghentian pasokan listrik yang tidak terduga bulan depan.



[Gambas:Video CNBC]



(rah/rah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *