Jokowi Perintahkan TNI Kawal Distribusi Paket Obat Isoman

by
Jokowi Perintahkan TNI Kawal Distribusi Paket Obat Isoman thumbnail

Foto: Presiden RI Jokowi dalam acara Peluncuran Paket Obat Isoman Freed from rate untuk Rakyat, Istana Merdeka, 15 Juli 2021. (Tangkapan Layar Youtube/Sekretariat Presiden RI)

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengawal ketat pendistribusian paket obat dan vitamin isolasi mandiri pasien Covid-19 gratis yang akan disebar ke berbagai wilayah Indonesia.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan keterangan pers saat peluncuran paket obat isolasi mandiri gratis untuk masyarakat di halaman Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

“Saya minta agar dilakukan pengawasan yang ketat di lapangan agar program-program ini betul-betul bisa maksimal mengurangi risiko Covid-19 dan membantu pengobatan warga yang menderita yang menderita Covid-19,” kata Jokowi, Kamis (15/7/2021).


Dalam kesempatan sama, Panglima TNI menegaskan bahwa sesuai arahan kepala negara bahwa paket vitamin dan obat isoman tersebut harus didistribusikan ke seluruh wilayah, utamanya Jawa dan Bali.

“Termasuk memastikan bahwa obat-obatan tersebut sampai kepada tangan masyarakat yang membutuhkan,” ujar Hadi.

Setidaknya ada tiga jenis pake obat dan vitamin bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri yang akan dibagikan. Obat dan vitamin tersebut untuk kebutuhan selama tujuh hari.

Paket pertama, berisi obat dan vitamin untuk masyarakat dengan PCR positif tanpa gejala alias OTG. Paket kedua berisi vitamin dan obat untuk masyarakat dengan PCR positif disertai keluhan panas dan kehilangan.

Paket ketiga, berisi vitamin dan obat untuk masyarakat dengan PCR positif yang disertai dengan keluhan panas dan batuk kering. Paket ini, pun membutuhkan konsultasi dan resep dari petugas kesehatan.

“300 ribu paket obat-obatan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang sedang melaksanakan isolasi mandiri OTG maupun ODG ringan tentunya dalam pendistribusian 300 ribu paket tahap pertama ini,” kata Hadi.



[Gambas:Video CNBC]



(cha/cha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *