Jenis Tulang Panjang yang Kuat dan Padat, Beserta Strukturnya

by
Jenis Tulang Panjang yang Kuat dan Padat, Beserta Strukturnya thumbnail
Ilustrasi Jenis tulang panjang. Foto: Ist/Bag

Jenis tulang panjang termasuk dalam struktur tubuh manusia.  Manusia memiliki jaringan yang paling keras diantara jaringan ikat lainnya. 

Melansir Wikipedia, tulang adalah jaringan tubuh yang kaku. Selain itu terdiri atas sel-sel yang tertanam di dalamnya antar sel keras yang banyak. Tulang panjang merupakan tulang yang memiliki bentuk silinder. Bahkan lebih panjang dari pada lebarnya.

Tulang ini bentuknya juga kuat, padat, dan seperti pipa atau tabung. Seperti halnya tulang paha, tulang lengan, tulang kering, dan yang lainnya. Tulang panjang yang biasa menyebutnya dengan tulang pipa. Jenis tulang di vertebrata termasuk juga pada manusia.

Tulang panjang sering kali ditemukan pada bagian lengan dan kaki. Selain itu, juga pada bagian jari tangan dan jari kaki. Tulang ini memiliki fungsinya sebagai pengungkit. Bergerak saat otot kontraksi dan bertanggung jawab atas tinggi badan.

Baca Juga: Jenis Tulang Rawan dan Fungsinya Untuk Melindungi Organ Manusia

Inilah Beberapa Jenis Tulang Panjang

Jenis tulang ini yang terdapat pada bagian anggota gerak. Untuk itu ketahui beberapa jenis tulangnya berikut ini.

Humerus (Tulang Lengan Atas)

Humerus merupakan tulang panjang letaknya pada bagian tungkai atas. Tulang ini bentuknya memanjang dari bahu sampai siku. Tulang lengan atas yang fungsinya untuk membantu pergerakan tangan.

Ulna (Tulang Hasta)

Ulna atau tulang hasta juga merupakan tulang panjang. Letaknya pada bagian bawah lengan atau di bawah tulang humerus. Tulang ulna ini fungsinya untuk mendukung pergerakan tangan. Seperti halnya gerakan berputar dan membantu mobilitas pada bagian jari.

Radius (Tulang Pengumpil)

Radius atau tulang pengumpil juga merupakan jenis tulang panjang. Letaknya pada bagian  lengan bawah yang menyamping atau sejajar dengan tulang ulna. Tulang lengan bagian bawah memiliki dua bagian.

Terdapat bagian tulang radius dan ulna. Fungsi kedua tulang tersebut untuk membantu gerakan tangan dan jari-jari.

Baca Juga: Karakteristik Tulang Pipa, Definisi, Hingga Struktur dan Jenis-Jenisnya

Femur (Tulang Paha)

Femur merupakan tulang paha, letaknya di sepanjang paha bagian atasnya. Tulang ini terhubung dengan soket panggul. Selai itu bagian bawahnya terhubung dengan sendi lutut. Tulang femur ini fungsinya juga untuk mendukung pergerakan tubuh.

Metacarpal (Tulang Jari Bagian Tengah)

Metacarpal merupakan 5 tulang pada telapak tangan dan kaki. Letaknya antara falang dan karpus. Tulang ini menghubungkan pada bagian tulang jari-jari. Selain itu pada condo pergelangan tangan.

Tulang metacarpal fungsinya untuk mendukung mobilitas jari-jari. Tentunya yang memungkinkan dalam berbagai gerakan tangan dan kaki.

Phalanges (Tulang Jari Bagian Atas)

Phalanges juga termasuk dalam jenis tulang panjang. Tulang ini terdapat pada jari kaki dan jari tangan bagian atas. Setiap jari tangan terdapat tiga phalanges. Namun tidak pada bagian jari jempol tangan. Bagian jempol tangan hanya terdapat dua phalanges.

Fibula (Tulang Betis)

Jenis fibula ini merupakan tulang betis. Letaknya pada bagian kaki bagian bawah atau tungkai belakang dan bawahnya. Tulang betis menghubungkannya dengan sendi ke pergelangan kaki.

Tulang betis fungsinya untuk membantu pembentukan struktur kaki yang kuat. Selain itu juga mendukung pergerakan kaki.

Tibia (Tulang Kering)

Tibia merupakan tulang kering pada kaki. Tulang tersebut memiliki ukuran lebih besar dibandingkan tulang betis. Tulang kering bagian atas menghubungkannya pada sendi lutut.

Sementara tibia bagian bawah menghubungkannya pada sendi pergelangan kaki. Tibia yang fungsinya untuk menopang berat badan. Selain itu mendukung struktur tulang dan mobilitas tubuh.

Struktur Tulang Panjang

Jenis tulang panjang ini juga memiliki beberapa strukturnya. Untuk itu ketahui beberapa jenis struktur tulang panjang berikut ini.

Epifise merupakan bagian dari ujung tulang panjang. Pada bagian ini yang bentuknya bulat. Maka akan tampak seluruhnya benar-benar seperti pipa. Pada ujung epifise melapisinya dengan tulang rawan.

Metafise merupakan bagian antara epifise dan diafise. Bagian tersebut yang tersusun atas tulang rawan. Selain itu juga terdapat sebuah cakra epifise yang memanjang.

Diafise juga merupakan sebuah bagian tulang pipa. Namun memiliki rongga dan bentuknya silindris. Pada bagian ini di dalamnya terdapat sebuah tulang sumsum. Bentuknya dari pembuluh darah dan saraf.

Jenis tulang panjang tersebut yang memiliki banyak bentuk. Teksturnya juga kuat, padat, dan seperti pipa atau tabung. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

Read Extra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *