Jenis Flora Liar yang Kondusif Dimasak untuk Dikonsumsi

by
Jenis Flora Liar yang Kondusif Dimasak untuk Dikonsumsi thumbnail
Jenis tanaman liar yang aman dimasak untuk dikonsumsi. Foto: Safe/Ist.

Jenis tanaman liar yang aman dimasak untuk dikonsumsi sepertinya patut masuk ke dalam racikan kuliner Anda. Pasalnya, sejumlah tanaman liar ini memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi guna mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Pernahkan Anda terbayang mengonsumsi tanaman liar atau ilalang? Pastinya tidak kan? Tapi apakah Anda tahu jika tanaman liar itu ternyata aman untuk dikonsumsi?

Merangkum dari banyak sekali sumber, berikut ini sejumlah tanaman liar yang mengandung nutrisi cukup tinggi dan baik bagi kesehatan tubuh.

7 Jenis Flora Liar yang Kondusif Dikonsumsi

Genjer

Baca Juga :  Manfaat Tanaman Liar Bagi Kesehatan

Flora liar jenis genjer memiliki kandungan protein, kalsium, karbohidrat, dan zat besi. Semua kandungan tersebut bisa meremajakan sel tubuh, sekaligus menyiapkan cadangan energi di dalam tubuh.

Cara terbaik menikmati tanaman genjer ialah dengan mengolahnya menjadi menu sayur. Selain menyehatkan tubuh, genjer juga akan terasa lebih nikmat kalau mengonsumsinya dengan nasi.

Daun Pakis

Jenis tanaman liar berikutnya ialah daun pakis belia yang belum sepenuhnya mekar. Tingginya kandungan vitamin C, komponen polifenol serta flavonoid dalam daun pakis berfungsi menetralkan paparan radikal bebas. Mirip pencegahan kanker dan penuaan dini.

Daun Semanggi

Baca Juga :  Khasiat Tanaman Putri Malu, Ampuh untuk Mengatasi Insomnia

Daun semanggi adalah salah satu jenis tanaman liar yang aman untuk Anda konsumsi. Kandungan vitamin C, protein, zat air, karoten dan beta karoten 2 berfungsi menurunkan panas.

Bahkan, daun semanggi juga bisa melindungi tubuh kita dari perkembangan tuberkulosis, sel kanker getah bening, dan kanker payudara.

Krokot

Tahukah Anda jika daun krokot ternyata mampu juga kita olah menjadi sayur dan selai? Kandungan senyawa omega-3 yang tinggi dan asam linoleat dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

Rebusan daun krokot mengandung vitamin A, kalium, kalsium, serta asam amino sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Ciplukan

Buah ciplukan adalah jenis tanaman liar mengandung fisalin dan sitrun sebagai senyawa kimia alami. Selain itu, buah ciplukan juga memiliki kandungan vitamin C, tanin, alkaloid, dan gula.

Baca Juga :  Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk, Letakan di Beranda atau Teras Rumah

Walaupun rasanya agak pahit, namun tanaman liar yang satu ini mampu mengaktifkan fungsi kelenjar serta menetralisir racun yang ada dalam tubuh.

Pegagan

Pegagan masuk dalam daftar jenis tanaman liar yang aman untuk Anda konsumsi. Daun pegagan ini memiliki rasa yang manis dan juga minty.

Selain itu, pegagan dapat Anda jadikan sebagai sayur lalapan yang berguna untuk membersihkan darah, memperbaiki gangguan sistem pencernaan. Serta bisa memperbanyak empedu.

Bahkan, daun pegagan ini sudah teruji bisa membuat kecerdasan otak meningkat. Oleh karena itu, mengonsumsi tanaman pegagang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Flora Sembuka

Sembuka adalah jenis tanaman liar yang aman kalau kita makan. Pada beberapa kawasan, warga memanfaatkan tanaman liar ini sebagai pagar rumah.

Namun ternyata tanaman sembuka dapat menambah nafsu makan. Kandungan antibiotik, analgetik, dan detoksifikasi yang ada mampu membantu mengatasi rasa nyeri syaraf. Selain itu, sembuka juga sangat bermanfaat bagi bayi.

Itulah 7 jenis tanaman liar yang memiliki manfaat sehat bagi tubuh, sehingga aman untuk Anda konsumsi. (R3/HR-On-line)

Editor : Eva Latifah

Be taught Extra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *