Jembatan Kiwiri Terpanjang dan Unik di Panawangan Ciamis Rusak Parah

by
Jembatan Kiwiri Terpanjang dan Unik di Panawangan Ciamis Rusak Parah thumbnail
Jembatan Kiwiri Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, banyak yang menyebut sebagai jembatan terpanjang dan unik. Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jembatan Kiwiri terpanjang dan unik di Panawangan, membentang di atas areal persawahan dan kebun, tepatnya wilayah Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 

Jembatan sepanjang 95 meter itu dikenal sebagai jembatan terpanjang. Namun sayang kondisinya sudah rusak dan sangat mengkhawatirkan.

Deni Herdiana, Kasi. Pemerintahan Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengatakan, Jembatan Kiwiri banyak yang menyebutnya sebagai jembatan terpanjang dan unik.

Sebab, selain memiliki panjang 95 meter sebagai penghubung Desa Indragiri dengan Desa Karangpaningal, kedua sisi jembatan tersebut juga terdapat saluran irigasi.

Baca Juga :  Warga Harap TPT Ambruk di Panawangan Ciamis Segera Diperbaiki

Saluran irigasi itu berfungsi untuk menyuplai kebutuhan air di Tambaklara, Kampung Jotang, Cilimus, dan wilayah Desa Cinyasag.

“Jembatan yang membentang di atas areal persawahan dan kebun juga mewarnai  panorama alam Desa Indragiri. Namun sayangnya kondisi bagian jalan sudah rusak. Begitu pula saluran irigasi sudah banyak yang bocor, sangat mengkhawatirkan,” kata Deni, Kamis (09/09/2021).

Ia juga mengatakan, Jembatan Kiwiri terpanjang dan unik di Panawangan memang sudah terbilang tua. Pembangunannya pada tahun 1994. Sehingga wajar kalau kondisinya sudah rusak.

Tapi karena jembatan tersebut setiap harinya banyak digunakan oleh pejalan kaki, maka Pemerintah Desa Indragiri berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui instansi terkaitnya dapat menggelontorkan anggaran untuk perbaikan Jembatan Kiwiri berikut saluran irigasi. (Dji/R3/HR-On-line)

Editor : Eva

Be taught More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *