Investasi Tanpa Risiko, Apakah Ada? Berikut Penjelasan Detailnya!

by
Investasi Tanpa Risiko, Apakah Ada? Berikut Penjelasan Detailnya! thumbnail

Investasi tanpa risiko apakah ada? Pada dasarnya, berinvestasi memang memiliki risiko, baik itu ringan maupun tinggi. Hal ini dikarenakan investasi atau instrumen mempunyai risiko berbeda-beda.

Dalam melakukan investasi, siapa saja pasti akan mengharapkan sesuatu keuntungan maupun imbal baliknya. Walaupun demikian, sangat penting untuk selalu mempertimbangkan risiko yang dapat berdampak terhadap investasi.

Baca Juga: Cara Investasi di Bareksa untuk Pemula yang Mudah dan Efisien

Adakah Investasi Tanpa Risiko?

Investasi sendiri merupakan salah satu kegiatan dalam penanaman modal guna meraih keuntungan besar. Namun kegiatan investasi tidak hanya sekedar keuntungan ekonomi saja, melainkan juga perlu Anda lakukan.

Kini sudah ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih, seperti emas, properti, reksadana, obligasi, saham, dan lain sebagainya. Tentunya semua jenis instrumen investasi tersebut memiliki tingkat risiko dan keuntungan berbeda-beda pula.

Sebut saja di pasar modal dengan mengenal istilah high likelihood return, namun ini juga akan sebanding keuntungan yang ada. Begitu pula dengan produk lain seperti emas. Walau tidak tergerus inflasi, tetapi emas bergantung terhadap proyeksi harga emas sendiri.

Baca Juga: Tujuan Manajemen Investasi untuk Para Investor, Berikut Penjelasannya!

Saving Bond Ritel Atau SBR

Investasi tanpa risiko ternyata ada, dan jawabannya adalah Saving Bond Ritel atau SBR yang sama seperti tabungan maupun deposito monetary institution. Akan tetapi, SBR ini hanya dapat kita beli pada masa penawaran dan tetap tersimpan sampai waktu jatuh tempo tiba.

Terkecuali untuk para investor yang akan memiliki early redemption (pencarian awal) dan ambil setelah 1 tahun berinvestasi. Karena ini hanya untuk ritel, maka investasi SBR untuk awalnya juga cukup rendah mulai dari 1 jutaan.

Selain itu, ada juga Sukuk Tabungan atau ST yang hampir sama seperti SBR. Bedanya ST ini berbasis syariah. Jadi, Sukuk Tabungan akan dijual kepada para investor individu dari agen penjual dengan pembelian setidaknya 1 juta.

Baca Juga: Instrumen Investasi Berdasarkan Siklus Ini Bisa Menjadi Pilihan Anda

Apa Saja Jenis Investasi Terbaik?

Setelah Anda tahu investasi tanpa risiko, maka Anda juga perlu tahu jika masih ada investasi lain yang minim risiko. Selain rendah risiko, ternyata juga mempunyai potensi untuk mendapat keuntungan cukup besar.

Sebut saja emas. Emas bersifat safe haven dan membuatnya menjadi salah satu produk investasi yang memiliki banyak penggemar. Terlebih emas mampu untuk bertahan dan bisa meningkatkan saat kondisi pasar terjadi goncangan.

Dalam jangka pendek, biasanya harga emas dapat bergejolak sangat fluktuatif. Namun dalam jangka panjang, maka nilai emas bisa mengalami kenaikan drastis.

Tidak hanya itu, melainkan ada juga investasi properti yang memiliki keuntungan sangat besar. Meskipun keuntungannya besar, akan tetapi investor juga harus membutuhkan modal cukup besar.

Investasi tanpa risiko memang ada dan jauh lebih menguntungkan. Seperti penjelasan tadi, seperti emas, properti, maupun saham. (R10/HR-On-line)

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *