Hati Ayam untuk Kesehatan Bayi, Efektif Tingkatkan Kekebalan Tubuh

by
Hati Ayam untuk Kesehatan Bayi, Efektif Tingkatkan Kekebalan Tubuh thumbnail
Hati ayam untuk kesehatan bayi sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Foto: Obtain/Ist.

Hati ayam untuk kesehatan bayi sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga membantu mempercepat penyembuhan luka. Jika diberikan dalam jumlah yang pas, asam amino yang terkandung di dalamnya memiliki banyak manfaat.

Oleh karena itu, yang pertama harus diperhatikan saat menyiapkan makanan untuk bayi adalah kandungan nutrisi.

Bayi butuh asupan gizi terbaik guna mendukung pertumbuhannya. Sehingga orang tua harus betul-betul bijak ketika memilih makanan untuk sang buah hati.

Pilih hati ayam untuk menu makanan bayi. Kandungan asam amino di dalamnya sangat baik sebagai protein untuk tumbuh kembangnya. Karena hati ayam aman dikonsumsi oleh bayi selama diberikan dalam jumlah yang cukup.

Selain itu, masih banyak manfaat hati ayam untuk tumbuh kembang sang buah hati. Berikut ini beragam manfaat lainnya yang HR On-line rangkum dari berbagai sumber.

Beragam Manfaat Hati Ayam untuk Kesehatan Bayi

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrition C tak hanya ada pada buah dan sayur saja, karena hati ayam juga ternyata mengandung nutrition C.

Baca Juga :  5 Mitos Tentang Kesehatan Bayi dan Balita yang Belum Tentu Benar

Seperti telah kita ketahui bahwa nutrition C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sang bayi supaya tidak gampang terserang penyakit.

Terlebih saat pandemi seperti sekarang ini, yang mana menjaga kekebalan tubuh bayi menjadi hal paling penting.

Oleh sebab itu, orang tua perlu memberinya asupan nutrisi guna membantu meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.

Mendorong Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat hati ayam untuk kesehatan bayi yang berikutnya yaitu dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangannya. Hal itu berkat adanya kandungan folat dan protein dalam hati ayam.

Selain itu, kandungan asam amino juga sangat penting bagi semua fungsi serta elemen tubuh. Dalam hal ini fungsi sel, saraf, kognitif, dan fungsi hormon.

Membantu Perkembangan Sistem Saraf dan Otak

Untuk membantu perkembangan sistem saraf dan otak, salah satunya dengan memberikan hati ayam yang baik untuk kesehatan bayi.

Baca Juga :  Terlahir dengan Kelainan Genetik Kulit, Bayi di Kota Banjar Butuh Bantuan

Karena setiap orang tua pastinya ingin buah hatinya dapat tumbuh sehat dan cerdas. Agar keinginan tersebut bisa terwujud perlu memberikan asupan yang terbaik dan mendukung perkembangan saraf dan otak si kecil.

Seperti halnya hati ayam yang mengandung protein, kolin, dan lemak. Selama diberikan dalam jumlah yang pas bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan bayi.

Mencegah Anemia

Manfaat hati ayam untuk kesehatan bayi karena mengandung nutrition B12 dan zat besi yang baik dalam mencegah anemia. Penyakit ini pada dasarnya dapat terjadi pada siapapun, termasuk bayi.

Adapun faktor yang menjadi penyebab anemia salah satunya tubuh kurang memproduksi sel darah merah. Karena itulah bayi membutuhkan nutrition B12 dan zat besi untuk membantu pembentukan sel darah merah yang berfungsi menyalurkan oksigen ke semua bagian tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat hati ayam untuk kesehatan bayi, termasuk kesehatan mata karena kaya akan kandungan nutrition A. Untuk menjaga fungsi penglihatan sejak dini, bayi sangat membutuhkan nutrition A.

Baca Juga :  Penyebab Mata Bayi Belekan dan Cara Mengatasinya!

Tapi perlu diperhatikan pula kalau hati ayam itu tinggi kandungan nutrition A. Jika mengonsumsinya terlalu berlebihan bisa menjadi racun.

Oleh sebab itu, jangan terlalu banyak memberinya agar bisa mendapatkan manfaat sehatnya bagi sang bayi.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat hati ayam untuk kesehatan bayi, termasuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Karena kulit bayi sangat sensitif, sehingga rentan mengalami luka.

Maka penting bagi orang tua untuk menjaga bayinya, baik menjaga dari dalam maupun dari luar. Salah satunya dengan memperhatikan asupan berbagai nutrisi pada makanan si kecil.

Zat mineral yang sangat baik bagi kesehatan bayi salah satunya zinc. Zat alami ini memiliki peran sangat penting untuk tubuh.

Hati ayam mempunyai kandungan zinc yang berfungsi membantu kesehatan dan pertumbuhan tulang, kinerja saraf pusat. Kemudian, memperbaiki DNA, meningkatkan sistem imun tubuh, serta mempercepat penyembuhan luka.

Itulah beberapa manfaat dari hati ayam bagi kesehatan bayi. Walaupun banyak manfaatnya, namun jangan berlebihan dalam memberikannya. Karena hati ayam juga memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi.

Selain itu, agar nutrisi yang terserap bisa lebih maksimal, jangan lupa perhatikan cara memasaknya untuk memastikan tak ada bakteri dalam hati ayam. (R3/HR-On-line)

Editor : Eva

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *