Doa Turun Hujan, Berikut Lafal dan Artinya yang Mudah Dihafalkan

by
Doa Turun Hujan, Berikut Lafal dan Artinya yang Mudah Dihafalkan thumbnail

Doa turun hujan tentunya menjadi salah satu hal yang harus kita ketahui. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hujan itu merupakan rahmat dari Allah SWT. Sudah seharusnya kita mensyukurinya.

Pada dasarnya, hujan betul peristiwa alam, akan tetapi tanpa kita ketahui semua itu terdapat campur tangan Allah SWT. Tanpa izin dari Allah SWT, hujan tidak akan turun. Bahkan, tidak akan ada salat untuk meminta hujan pula.

Ya, kembali kepada Islam yang sudah hakikatnya adalah agama sempurna. Semua amalan atau kegiatan yang kita lakukan memang mempunyai aturan.

Tapi, harus kita ingat kembali dan tanamkan dalam diri bahwa aturan tersebut bukan bertujuan untuk mempersulit kita untuk bergerak.

baca juga: Doa Ketika Bercermin, Anjuran yang Membuat Cantik Tampak Luar Dalam

Amalkan Doa Turun Hujan

Kenapa kita harus berdoa ketika hujan turun? Ada banyak tujuannya. Pertama, doa sendiri itu merupakan senjata bagi orang mukmin.

Bahkan, dahsyatnya doa itu bisa menembus langit dan Allah dengar. Allah pun akan mengabulkan. Doa itu di bumi bukan? Tapi bisa sampai ke langit bertemu dengan Allah.

Kedua, hujan itu merupakan rahmat. Mengapa Allah menganjurkan kita berdoa? Sudah pasti tujuannya adalah supaya kita mensyukurinya. Pasalnya, dampak dari turunnya hujan itu sangat banyak.

Misalnya saja tanaman subur, sumber air sudah kembali, tidak kekeringan, pepohonan hijau, dan bisa menghirup udara segar. Bahkan para petani juga bisa kembali bercocok tanam.

Kemudian dengan kita membaca doa turun hujan tersebut, bukan tidak mungkin Allah akan menyelamatkan kita dari bahayanya. Sering terjadi bukan, hujan yang disertai dengan angin ribut, kilat, dan yang lainnya.

Allah itu bisa membuat yang mustahil menjadi nyata. Makanya, selalu libatkan Allah SWT dalam segala hal. Biar hujan sekalipun, sebut Allah dalam hati dan lisan. Semoga Allah memberikan perlindungan kepada kita.

baca juga: Pointers Doa Cepat Terkabul, Ustad Das’advert: Doa di Atas Sajadah, Bukan di FB

Lafadz Doa

Bagaimana lafadz doa turun hujan? Untuk Anda yang belum menghafalkannya, jangan khawatir. Lafadz doa tersebut sangat mudah untuk kita hafalkan dan ucapkan. Simak penjelasan berikut ini.

Lafadznya adalah اللّهمّ صيّبًا نافعًا.

Artinya, “Ya Allah, semoga hujan yang turun ini bermanfaat”

Jika kita membaca doa turun hujan tersebut, bisa kita simpulkan bahwa semoga yang turun ini memberi kebermanfaatan untuk bumi. Bukan membuat rusak bumi.

Nah, dari situ, bukankah kita juga meminta perlindungan Allah SWT untuk dihindarkan dari segala hal kerusakan karena turunnya hujan bukan? Doa hujan tersebut juga berdasarkan dengan hadits riwayat Bukhari no 1032.

Berbeda lagi dengan doa turun hujan yang lebat. Hadits Riwayat Bukhari nomor 1014, اللّهمّ حوالينا ولا علينا، اللّهمّ على الآكام والظراب، وبطون الأودية، ومنابت الشّجر

Artinya adalah “Wahai Allah, turunkanlah hujan sekitar kami yang tidak merusak. Turunkanlah ke daratan, gunung, bukit, lembah dan tempat yang mana pepohonan tumbuh”.

baca juga: Doa Agar Cepat Punya Anak Sesuai Ajaran Islam

Anjuran Berdoa Saat Turun Hujan

Bukan hanya doa turun hujan saja yang bisa kita panjatkan ketika hujan turun. Akan tetapi, dalam Hadits Riwayat Al Hakim dan Baihaqi juga menjelaskan bahwa Rasulullah bersabda, terdapat dua doa yang tidak akan Allah tolak, yakni doa saat adzan dan doa turunnya hujan.

Maksud dari hadits tersebut adalah ketika adzan sudah berkumandang, maka hendaknya itu kita membaca doa setelah adzan dan memanfaatkan waktu luang sebelum iqomah untuk berdoa kepada Allah.

Hal tersebut nyatanya masih belum kita manfaatkan dengan sebaik mungkin. Bahkan tidak jarang juga yang menunggu waktu iqomah dengan mengobrol. Hal ini perlu untuk Anda hindari dan jangan jadikan kebiasaan.

Kemudian kita juga hendaknya berdoa yang baik-baik saat hujan turun. Bukan hanya doa hujan saja, tetapi mendoakan diri sendiri, orang tua, saudara, dan orang lain juga boleh.

Doa yang baik nantinya juga akan kembali kepada diri kita sendiri. Hal ini menguntungkan diri kita sendiri bukan? Maka jangan sampai Anda menyepelekan hal tersebut.

Nah, itu tadi penjelasan tentang doa turun hujan yang mudah untuk kita lafazkan dan hafalkan. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan mendekatkan kita kepada Allah SWT. Doa saat hujan wajib Anda ketahui dan amalkan. (Muhafid/R6/HR-On-line)

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *