Desa Wisata Selasari Pangandaran Masuk Nominasi ADWI Tahun 2021

by
Desa Wisata Selasari Pangandaran Masuk Nominasi ADWI Tahun 2021 thumbnail

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Desa Wisata Selasari yang berada di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran masuk nominasi anugerah desa wisata Indonesia atau ADWI tahun 2021.

Hal tersebut terungkap saat kunjungan Menparekraf/Baparekraf Sandiaga Uno pada Rabu (13/10/2021) saat penandatanganan piagam penghargaan desa wisata Selasari sebagai 50 desa terbaik di Indonesia.   

Ketua Desa Wisata Selasari, Dadang Destriyana, mengungkapkan, sejak tahun 2014 pihaknya merintis karena potensinya yang begitu besar.

Ia menyebut di wilayahnya tersebut terdapat 100 gua yang eksotis, seperti Gua Lanang, Regregan dan lainnya. Selain itu ada juga sungai yang menjadi tempat bodyrafting, seperti Santirah.

Sementara itu, areal pesawahan terasering dan tanaman aneka buah semakin menambah lengkap Desa Selasari menjadi magnet bagi wisatawan.

“Melihat potensi yang ada, kita terus kembangkan agar semakin dikenal wisatawan,” kata Dadang.

baca juga: Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Selasari Pangandaran, Soroti Jaringan Recordsdata superhighway

Apalagi, lanjutnya, di Selasari memiliki banyak kesenian tradisional yang terkenal, seperti seni lebon, perang adu jago antar kampung, angklung buhun serta ronggeng gunung.

Dari keanekaragaman ini, lanjutnya, masyarakat pun terus mengembangkan berbagai kegiatan ekonomi kreatif, seperti budidaya lebah, pengolahan kopi, pakis krispi, Rajut dan homestay.

Meski begitu, ia pun mengungkapkan selama ini kendala terbesar di desanya itu adalah sulitnya sinyal untuk komunikasi.

“Makanya kami harap ada campur tangan pemerintah agar jaringan web di sini lebih maksimal. Hal ini agar desa wisata ini lebih berkembang. Mudah-mudahan dengan adanya ADWI tahun 2021 ini membawa kebaikan bagi kita semua,” pungkasnya. (Indignant/R6/HR-Online)

Be taught Extra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *