Dekorasi Rumah yang Tidak Tepat dan Cara Memperbaikinya

by
Dekorasi Rumah yang Tidak Tepat dan Cara Memperbaikinya thumbnail
Dekorasi rumah yang tidak tepat dan cara memperbaikinya. Foto: Score/Ist.

Dekorasi rumah yang tidak tepat tentunya harus dihindari, karena kesannya akan terlihat berantakan. Padahal tujuan mendekorasi tempat tinggal adalah untuk menciptakan kenyamanan dan bisa tampil indah.

Namun, jika salah dalam mendekorasinya bisa menimbulkan tampilan rumah menjadi tampak berantakan.

Oleh karena itu, penting untuk Anda ketahui cara yang tepat dalam mendekorasi rumah supaya terlihat lebih indah.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah kesalahan mendekorasi rumah yang perlu Anda ketahui dan cara untuk memperbaikinya.

6 Dekorasi Rumah yang Tidak Tepat dan Cara Mengatasinya

Baca Juga :  Dekorasi Rumah American Traditional Style, Tampil Elegan dan Take care of

Dekorasi Kaku

Pastinya yang menjadi hal utama buat Anda adalah tamu akan berkesan ketika datang ke rumah. Seringkali gaya lebih diutamakan ketimbang kenyamanan.

Pada akhirnya dekorasi yang dihasilkan pun menjadi terlihat kaku, bahkan terkesan tidak ramah. Mungkin yang menjadi masalahnya terletak pada posisi furnitur dalam rumah Anda.

Atur tempat duduk sedemikian rupa agar mendorong interaksi antara Anda dan tamu. Caranya, letakkan kursi yang jaraknya cukup dekat. Ini penting untuk mendukung percakapan.

Karena menempelkan tempat duduk ke dinding hanya membuat Anda punya lahan kosong di bagian tengah ruangan.

Salah Memilih Warna Cat Dinding

Baca Juga :  Tanaman Hias Unik dan Murah untuk Dekorasi Rumah

Dekorasi rumah yang tidak tepat salah satunya ketika Anda salah dalam memilih warna cat untuk bagian dinding.

Jika Anda tertarik mengecat bagian dinding ruangan menggunakan warna gelap, tetapi khawatir ruangan jadi terlihat suram. Maka untuk mengatasinya yaitu memastikan pencahayaannya baik.

Apabila pencahayaan terasa kurang, gunakan downlight atau lampu sorot. Terpenting jangan membiarkan bagian langit-langit rumah juga menjadi terlihat suram.

Perhatikan pula dalam memilih perabot rumah yang sederhana. Kemudian, bersihkan barang-barang perabotan yang dianggap tidak penting supaya ruangan tidak kelihatan sempit.

Pilih enviornment topic alami untuk menambah kesan pure, seperti enviornment topic berbahan kayu. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan dekorasi lain. Agar ruangan terlihat segar, Anda bisa pilih tanaman hijau.

Sofa Warna Pucat

Memilih couch berwarna pucat juga menjadi barang dekorasi rumah yang tidak tepat. Jika Anda memiliki balita dan hewan peliharaan, sebaiknya jangan memilih couch yang warnanya pucat karena akan mudah kotor.

Baca Juga :  Dekorasi Interior Rumah dengan Tanaman Rambat yang Menyegarkan

Tetapi jika Anda terlanjur suka dengan couch yang warnanya pucat, rajin-rajinlah membersihkannya. Sebab warna pucat bisa membuat noda yang kecil pun mudah terlihat.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan slipcover warna terang. Selain untuk dekorasi, slipcover juga dapat melindungi couch.

Untuk langkah lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu menambahkan tumpukan bantal berukuran besar dan kecil dengan corak berwarna-warni. Dengan begitu maka tampilan couch menjadi tampak lebih cerah.

Cara lainnya untuk mengatasi dekorasi rumah yang tidak tepat yaitu saat couch terkena noda atau tumpahan segera bersihkan. Gunakan sikat gigi tapi jangan keras-keras menggosoknya.

Rak Terbuka

Ketika Anda menempatkan setiap ornamen dalam rak-rak terbuka, hal ini sering kali terlihat membingungkan. Kalau tidak fokus, dekorasi tersebut malah kelihatan berantakan.

Untuk mengatasinya, Anda perlu fokus saat mengatur penempatan benda-benda tersebut. Seperti misalnya rak pada bagian atasnya hanya untuk menyimpan piala maupun piagam.

Bisa juga Anda pisahkan koleksi pajangan sesuai warnanya. Misalnya, warna putih campur warna terang atau gelap. Jadi sebaiknya jangan gunakan latar berpola supaya mata tidak akan bingung.

Kemudian, Anda juga dapat menambahkan buku favorit pada rak tersebut. Pilih saja beberapa buku yang bagian sampulnya bisa menarik perhatian.

Posisi Lukisan

Dekorasi rumah yang tidak tepat bisa juga dari penempatan lukisan. Kesalahan ini umumnya sering terjadi ketika mendekorasi bagian dinding rumah dengan lukisan yang menggantung terlalu tinggi.

Jadi sebaiknya gantungkan saja dekorasi berupa lukisan itu setinggi mata orang ketika sedang berdiri.

Dapur

Dapur biasanya jadi pusat perhatian, bahkan lebih sering ketimbang ruangan lainnya. Oleh sebab itu, dekorasinya jangan membosankan.

Cara untuk mengatasi dekorasinya yang tidak tepat, Anda bisa meletakan mangkuk berisikan buah-buahan di atas meja. Atau bisa juga memajang peralatan dapur seperti panci pada bagian dinding.

Itulah beberapa dekorasi rumah yang tidak tepat yang perlu Anda hindari agar ruangan terlihat indah. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

Be taught Extra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *