Dari 5 Negara, Ratusan Pelaku Perjalanan Positif Tiba di RI

by
Dari 5 Negara, Ratusan Pelaku Perjalanan Positif Tiba di RI thumbnail

Foto: Suasana di Termiinal Kedatangan Internasional Bandara Soekarno Hatta, Kamis (22/7/2021). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah mencatat ada ratusan pelaku perjalanan luar negeri positif Covid-19 ketika tiba di Indonesia. Hal ini tercatat dari tanggal 1 hingga 6 September 2021.

Mereka setidaknya berasal dari lima negara. Yakni Arab Saudi, Malaysia, Turki, Uni Emirat Arab (UEA) dan Singapura.


Dari total 7.179 warga, ada 143 yang terinfeksi. Mereka terdiri dari WNA dan WNI.

“Mereka dinyatakan positif setelah pemeriksaan, meski sebelumnya hasil tes negara asal sebelum berangkat dinyatakan negatif,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes Siti Nadia dalam konferensi pers, Jumat (10/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Siti juga mengungkap kalau banyak pelaku perjalanan yang masuk melalui DKI Jakarta belum divaksi. Bahkan jumlahnya mencapai 65%.

“Pemerintah mengimbau WNA atau WNI agar dapat divaksinasi dulu. Hal ini dimaksudkan agar pelaku perjalanan tetap terlindungi,” tegasnya.

Sebelumnya dari 1 hingga 31 Agustus, pemerintah mencatat 165 pelaku perjalanan terkonfirmasi positif dari total 36.772 orang yang tiba di RI. Lima negara paling tinggi, yakni Arab Saudi, Malaysia, UEA, Korea Selatan dan Jepang.

Mengutip Worldometers, ada 4,1 juta warga RI yang telah terinfeksi corona sejak pandemic menyerang di 2020, dengan total 138.431 kematian. Kemarin, Covid-19 RI bertambah 5.376 kasus baru dengan 315 kematian.



[Gambas:Video CNBC]



(sef/sef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *