Damkar Kota Banjar Amankan King Kobra yang Sembunyi di Kendaraan beroda empat Warga

by
Damkar Kota Banjar Amankan King Kobra yang Sembunyi di Kendaraan beroda empat Warga thumbnail
Petugas Damkar Kota Banjar amankan ular King Kobra yang sembunyi di mesin kendaraan beroda empat warga. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Seekor ular jenis King Kobra dengan ukuran panjang sekitar 3 meter dan bobot seberat 5 kilogram yang sembunyi di kendaraan beroda empat warga berhasil ditaklukkan oleh tim Rescue unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (2/7/2021).

Ular jenis King Kobra tersebut berhasil diamankan tim Petugas ketika berada di mesin kendaraan beroda empat jenis Mitsubishi Xpander milik salah seorang warga di lingkungan Perum Griya Permata blok G 11 Desa Balokang, Kecamatan Banjar.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bala Kawasan (BPBD) Kota Banjar, Aam Amijaya melalui petugas di lapangan, Ivan Septian, menuturkan, ular tersebut awalnya diketahui oleh pemilik kendaraan ketika hendak memanaskan mesin kendaraannya.

Pemilik kendaraan eksklusif kaget karena ketika akan memanaskan kendaraannya tiba-tiba melihat seekor ular King Kobra sembunyi di dalam mesin kendaraan beroda empat. Ad interim bagian kepala ular bergerak akan masuk ke dalam kendaraan beroda empat.

“Tadi pagi kejadiannya. Pemilik kaget karena ular akan masuk ke dalam kendaraan beroda empat. Kemudian menghubungi petugas minta untuk dievakuasi,” kata Ivan kepada HR Online, Jum’at (2/7/2021).

Pengungsian Ular King Kobra yang Sembunyi di Mesin Kendaraan beroda empat Warga Kota Banjar

Setelah hampir setengah jam proses evakuasi, kata Ivan, ular yang dikenal sebagai salah satu pemilik mampu paling mematikan tersebut akhirnya berhasil diamankan oleh petugas.

“Panjangnya sekitar 3 meter dan bobotnya 5 kilogram. Sekarang sudah kami amankan di Markas BPBD,” tutur Ivan.

Lebih lanjut ia menerka ular tersebut masuk ke dalam mesin kendaraan beroda empat melalui celah-celah kecil yang terdapat pada bagian bawah kendaraan beroda empat. Dugaan itu karena ketika malam hari, kendaraan masih digunakan oleh pemiliknya dan kap kendaraan beroda empat juga posisinya tertutup.

Kemudian, pada pagi harinya pemilik kendaraan baru mengetahui eksistensi ular tersebut dan eksklusif meminta bantuan kepada tim petugas untuk evakuasi.

Selain itu, ia juga menerka kalau ular tersebut tengah mencari kawasan untuk bersarang. Menurut Ivan, ketika ini sampai tiga bulan ke depan tengah memasuki masa populasi atau perkembanganbiakan ular.

“Kemungkinan ular itu tengah mencari sarang untuk bersembunyi tapi tersangkut di bagian mesin kendaraan beroda empat ketika malam hari,” tandasnya. (Muhlisin/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

Be taught More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *