China Punya ‘Silicon Valley’, Faktanya Bikin Terkejut!

by
China Punya 'Silicon Valley', Faktanya Bikin Terkejut! thumbnail

Foto: Ilustrasi bendera China. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan raksasa teknologi yang bermarkas di ‘Silicon Valley’ China di Zhongguancun Beijing, mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang cukup signifikan pada periode Januari sampai dengan Agustus tahun ini.

Melansir China On a celebrated basis, complete pendapatan perusahaan besar di Zhongguancun Beijing mencapai 5,2 triliun yuan sekitar US$ 807 miliar atau jika mengacu kurs Rupiah 14.240 nilainya mencapai Rp 11.499 triliun untuk periode Januari sampai dengan Agustus 2021.

“Pertumbuhan complete pendapatan 27,8 persen tahun-ke-tahun dalam delapan bulan pertama tahun ini,” tulis laporan tersebut, dikutip Minggu (3/10/2021).


Dari sektornya, perusahaan di bidang elektronik dan informasi, bioteknologi dan teknologi medis baru mempertahankan pertumbuhan pendapatan yang tinggi.

Jumlah staf penelitian dan pengembangan (R&D) di perusahaan-perusahaan besar di Zhongguancun ini mencapai 751.000 selama periode yang sama atau naik 8,9 persen secara tahunan.

Didirikan pada tahun 1988 di barat laut Beijing, Zhongguancun adalah zona pengembangan industri teknologi tinggi nasional pertama yang awalnya dibangun oleh kelompok universitas dan lembaga penelitian.

Chen Chunxian, anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok adalah sosok yang membangun kawasan Zhongguancun yang kemudian berkembang menjadi pusat teknologi terkenal di Tiongkok 30 tahun kemudian. Chen bercita-cita menciptakan Lembah Silikon versi Tiongkok setelah kunjungannya ke Boston dan Lembah Silikon, Amerika Serikat yang disponsori oleh pemerintah Tiongkok.

Zhongguancun diakui oleh pemerintah pusat Tiongkok pada 1988 dan secara resmi dinamai Zona Eksperimental Pengembangan Industri Teknologi Tinggi Beijing. Pada 1999, Zhongguancun menjadi Zona Sains dan Teknologi yang terdiri dari tujuh kawasan: Haidian, Fengtai, Changping, Chaoyang, Yizhuang, Desheng, dan Jianxiang.

Salah satu raksasa teknologi China, Xiaomi juga bermarkas di kawasan ini, tepatnya di Haidan District. 



[Gambas:Video CNBC]



(hoi/hoi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *