Cara Mengeluarkan E-mail dari Perangkat Lain, Berikut Langkah Mudahnya

by
Cara Mengeluarkan E-mail dari Perangkat Lain, Berikut Langkah Mudahnya thumbnail
Ilustrasi Cara Mengeluarkan E-mail dari Perangkat Lain. Foto: Ist/Fetch

Cara mengeluarkan e-mail dari perangkat lain sangat penting untuk Anda ketahui jika tidak ingin kehilangan knowledge pribadi. Pasalnya, akun yang tertinggal di perangkat lain bisa saja ada yang menggunakan.

Mungkin tidak masalah jika mereka menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat. Akan tetapi, tidak jarang sekarang oknum yang suka melakukan tindak penyelewengan dengan memakai akun e-mail orang lain.

Dengan e-mail yang masih melekat di perangkat, oknum akan aktivitas atau transaksi terlarang. Parahnya lagi, mereka juga bisa mengakses segala knowledge yang telah akun Google rekam dengan e-mail tersebut.

Baca Juga :  Surroundings Push E-mail Yahoo pada HP Android, Berikut Tutorial Lengkapnya!

Tentunya jika Anda pemilik akun e-mail tersebut, Anda tidak menginginkan hal yang demikian itu terjadi. Itu akan sangat merugikan Anda. Oleh karenanya, penting mengetahui cara menghapus akun tersebut meski di perangkat yang bukan milik Anda.

Cara Mengeluarkan E-mail dari Perangkat Lain dengan Mudah

Ketertinggalan akun e-mail ini biasanya bermula dari banyak hal. Mungkin karena ponsel rusak, numpang log in di Android atau PC teman, menjual perangkat namun lupa keluar semua akun Google dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Buat E-mail Baru Lewat HP, Simak Berikut Ini Cara Mudahnya!

Apapun penyebabnya, yang harus Anda pastikan pertama kali adalah masih mengingat e-mail dan password yang Anda gunakan untuk akun Google tersebut.

Untuk bisa mengeluarkannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah yang akan kami ulas di bawah ini. Ada beberapa opsi yang menawarkan kemudahannya. Kemudian, bisa memilih cara termudah menurut Anda.

1. Keluarkan E-mail dengan Menggunakan Android

Cara pertama yang bisa Anda tempuh untuk mengeluarkan akun e-mail Google pada perangkat lain adalah dengan menggunakan ponsel Android biasa. Langkah-langkahnya pun cukup mudah, yakni sebgai berikut:

1. Buka ponsel android milik Anda dan pilih menu Setelan (Pengaturan) di Android Anda tersebut.

2. Tab pada tulisan Layanan Google (Google) kemudian lanjutkan masuk pada “Kelola Akun Google”.

3. Langka selanjutnya, klik “Keamanan” dan scroll ke bawah hingga Anda menemukan “Kelola Perangkat” kemudian klik.

4. Nantinya, akan muncul perangkat-perangkat yang terhubung dengan akun Anda. Anda bisa memilih semua atau beberapa yang memang ingin Anda keluarkan.

5. Tab pada ikon titik tiga dan pilihlah menu “Logout”, kemudian konfirmasi ulang logout.

6. Tunggu, hingga proses mengeluarkan akun e-mail Anda dari perangkat lain selesai.

2. Apabila Ponsel Android Tidak Menyediakan Layanan Google

Opsi kedua untuk cara mengeluarkan e-mail dari perangkat lain dengan mudah yakni menggunakan aplikasi Gmail. Langkah ini juga bisa Anda terapkan bilamana android Anda tidak menyediakan “Layanan Google”.

Langkah-langkahnya bisa Anda amati seperti di bawah ini:

1. Buka ponsel Android milik Anda dan kemudian masuk ke aplikasi Gmail.

2. Nantinya, Anda akan mendapati ikon titik tiga di bagian atas. Tab ikon tersebut, lalu pilih “Setelan”.

3. Di dalam menu setelah, Anda bisa mengklik e-mail Gmail yang Anda pakai.

4. Selanjutnya, klik “Kelola Akun Google” dan pilih menu “keamanan.” Dalam menu itu, silakan Anda scroll ke bawah hingga menemukan “Kelola Perangkat.”

5. Seperti biasa, akan terlihat daftar perangkat yang terhubung dengan akun e-mail Anda, pilih perangkat mana saja yang akan dilepaskan.

6. Tab simbol titik tiga dan pilih “logout”, jangan lupa untuk konfirmasi “log out” lagi. Tunggu hingga proses pengeluaran e-mail dari perangkat lain selesai.

3. Log Out E-mail Melalui PC Komputer atau Laptop

Untuk mengantisipasi adanya jejak yang tertinggal pada browser PC atau pc pc, Anda bisa menerapkan cara mengeluarkan e-mail dari perangkat lain yang satu ini. Tentunya, knowledge penting dan riwayat aktivitas Anda tidak akan terlacak lagi dalam Maps, Youtube atau produk Google lainnya.

Untuk bisa mengeluarkan e-mail atau akun Google Anda yang tertinggal di perangkat lain, Anda bisa mengikuti instruksi di bawah ini:

1. Langkah pertama, pergi ke halaman myaccount.google.com/machine-narrate.

2. Log in akun Google terlebih dahulu bagi Anda yang belum log in. Setelah berhasil log in, segera pilih perangkat yang Anda butuhkan.

3. Selanjutnya, tab pada simbol titik tiga pada opsi perangkat Anda. Agar bisa keluar akun e-mail Anda, silakan klik “log out”.

4. Nantinya akan muncul pemberitahuan “Ini akan menghapus semua akses ke Akun Google Anda dari Perangkat.” Tetap konfirmasi “Log out”. Tunggu hingga proses purna.

Demikianlah cara mengeluarkan e-mail dari perangkat lain yang bisa Anda terapkan. Hal-hal di atas tidak menghalangi Anda untuk log in ulang dengan e-mail yang sama, hanya saja cara itu bisa menghapus akun Anda yang tertinggal di perangkat lainnya. (R10/HR-On-line)

Editor : Adi Karyanto

Learn More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *