Cara Mencuci Tas Bahan Polyester Agar Kualitas Lebih Tahan Lama

by
Cara Mencuci Tas Bahan Polyester Agar Kualitas Lebih Tahan Lama thumbnail
Ilustrasi Cara Mencuci Tas Bahan Polyester. Foto: Ist/Earn

Cara mencuci tas bahan polyester yang tepat penting diketahui agar tidak mudah rusak dan tetap bagus. Salah satu bahan ini sering menjadi discipline subject tas dalam berbagai mannequin dan warna.

Bahan ini memiliki serat yang kuat dan tahan lama. Tidak jarang serat ini juga berinovasi dalam discipline subject pembuatan pakaian, aksesoris, dan banyak lagi.

Maka ketika digunakan dalam pembuatan tas, kita harus mengetahui cara perawatannya. Selain itu, juga cara untuk mencucinya agar tetap bersih.

Kualitas dan tampilan prima akan membuat tas selalu menarik. Nah, berikut ini guidelines untuk Anda yang menggunakan tas bahan yang satu ini.

Simak Cara Mencuci Tas Bahan Polyester

Bahan yang berasal dari serat sintetis ini memiliki ketahanan luar biasa. Namun, jika kita tidak tepat kala merawatnya, maka tidak akan bertahan selalu baik, maka coba perhatikan beberapa hal.

Kita biasanya mencuci menggunakan tangan dan mesin cuci. Nah, dari dua cara ini memiliki guidelines yang berbeda, mari kita simak bahasan berikut ini.

Baca Juga :  Cara Memilih Bahan Tas yang Bagus, Dilihat dari Jenis dan Fungsinya

Mencuci Dengan Manual

Bahan tas polyester ini memang paling aman jika cara mencucinya menggunakan tangan. Agar tidak merusaknya, kita sebaiknya menggunakan air hangat.

Selanjutnya kita menyiapkan tempat untuk merendamnya. Campurkan deterjen serta air hangat yang akan membantu untuk merontokkan debu dan kotoran yang menempel pada tas.

Lalu sebaiknya jangan memeras tas. Cukup tiriskan, lalu bilas pakai air dingin untuk menghilangkan sisa sabun yang masih tertempel.

Jika memaksa memeras tas, maka akan membuat tekstur menjadi berkerut. Tampilan akan tidak baik dan tak sebagus sebelum kita cuci.

Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

Selanjutnya mari kita bahas jika mencuci menggunakan mesin. Pertama, baca peraturan yang terdapat dalam labelnya dari pabrik.

Baca Juga :  Tas Bahan Scarlet, Lengkapi Rutinitas Harianmu dengan Model Baru

Biasanya terdapat himbauan mengenai cara pencucian, pengeringan, dan suhu. Hal ini akan mempengaruhi ketahanan dan kualitasnya.

Gunakan detergen untuk mencucinya, bisa juga menggunakan cairan pembersih agar hasil yang lebih efektif. Sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, akan lebih baik jika tas kita balik.

Bagian luar menjadi bagian dalam untuk membuat kondisi tas tetap baik. Mengatur mesin untuk kecepatan yang tidak terlalu berlebihan.

Perhatikan Hal Ini

Cara mencuci tas bahan polyester dengan mesin cuci agak mirip dengan cuci manual. Menggunakan air hangat tentu lebih aman. Setelah itu, atur dengan kecepatan yang terendah.

Ketika ingin menggunakan mesin cuci, tas bahan ini akan lebih baik jika tidak menggunakan pewangi atau pelembut. Selanjutnya ketika masuk proses pengeringan, akan lebih baik jika tidak menggunakan mesin. Lebih baik gunakan pengeringan manual atau cahaya matahari.

Risiko menggunakan mesin terlalu banyak hanya akan membuat tas memiliki ketahanan yang menurun. Maka akan lebih baik jika mempertimbangkan juga jika terdapat aksesoris, tambahan resleting, dan lainnya.

Baca Juga :  Tas Bahan Kanvas, Model Simpel Namun Kuat dan Popular

Menghilangkan Noda Membandel Tas Polyester

Cara mencuci tas bahan polyester ketika memiliki noda yang membandel cukup mudah. Perhatikan asal dari noda tersebut terlebih dahulu.

Kebanyakan noda akan hilang menggunakan cara yang satu ini. Cukup melarutkan deterjen cair dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya.

Setelah itu, sebaiknya kita merendamnya kurang lebih selama 20 menit. Gunakan air hangat, akan membuat noda yang membandel tersebut larut.

Selanjutnya coba usap lembut noda untuk membantu melunturkan yang membandel. Jika masih belum luntur juga, gunakan deterjen langsung ke noda.

Ulangi hingga noda hilang, barulah kita bilas dengan menggunakan air bersih. Lalu masuk ke proses pengeringan, ingat untuk tidak meremasnya.

Alasan Menggunakan Tas Bahan Polyester

Cara mencuci tas bahan polyester yang sudah kita bahas tadi akan membantu untuk menjaga kualitasnya. Nah, banyak yang sudah mulai berpindah menggunakan tas bahan ini.

Alasannya cukup easy, dengan menggunakan tas ini kita berarti sudah membantu mengurangi sampah plastik. Bahan ramah lingkungan ini bisa kita gunakan berulang kali.

Maka untuk para pecinta lingkungan, sebaiknya segera beralih menggunakan tas bahan ini. Tersedia banyak mannequin, warna, dan tentu saja kemudahan dalam merawatnya.

Karena bahannya anti air, akan membantu kita dalam berbagai kebutuhan bukan? Mengamalkan cara mencuci tas bahan polyester ini mudah dan membuatnya lebih awet. (R10/HR-On-line)

Editor : Eva

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *