Cara Memperbaiki Velg Motor yang Bengkok, Ini Langkah Mudahnya!

by
Cara Memperbaiki Velg Motor yang Bengkok, Ini Langkah Mudahnya! thumbnail
Ilustrasi Cara Memperbaiki Velg Motor yang Bengkok. Foto: Ist/Earn

Cara memperbaiki velg motor yang bengkok ternyata tidak serumit bayangan Anda. Bagi para pengguna kendaraan roda dua, kemungkinan sering mengalami permasalahan yang satu ini.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat pada Velg Motor dengan Bahan Sederhana

Tidak hanya sebatas bengkok, bahkan terkadang ada juga yang sampai penyok dan retak. Tentunya saat di kondisi ini, membutuhkan perawatan khusus sekaligus perbaikan agar velg kembali bagus.

Nah, di pembahasan kali ini kami akan mengupas tentang penyebab dan bagaimana perbaikan untuk velg yang penyok atau retak.

Inilah Cara Memperbaiki Velg Motor yang Bengkok dan Penyebabnya

Secara umum kendaraan roda dua mempunyai 2 jenis velg, yakni jenis velg jari-jari atau spoke wheel dan velg racing atau solid wheel. Penggunaan velg tersebut tentunya akan mempengaruhi tampilan motor agar lebih trendy.

Sekarang ini sedang tren penggunaan velg motor jenis racing. Hal ini lantaran velg racing mudah dalam perawatan dan terbuat dari bahan alloy yang tidak mudah bengkok.

Kendati demikian, bukan berarti penggunaan velg racing ini tahan akan kerusakan. Tetap saja velg racing atau velg jenis apapun itu akan mengalami bengkok jika mengalami kecelakaan atau hal-hal yang memang berisiko menyebabkan kerusakan, seperti faktor-faktor di bawah ini.

Penyebab Velg Motor Bengkok, Penyok, dan Retak

Kita barangkali tidak akan melakukan cara memperbaiki velg motor yang bengkok apabila tidak mengalami sebab-sebab di bawah ini.

Sering melewati jalan yang bergelombang atau rusak. Kebanyakan kasus velg rusak berawal dari keseringan pengguna kendaraan roda dua melewati jalan yang bergelombang atau rusak. Oleh karena itu, akan ada pengereman yang bertumpu di bagian ban ketika Anda melakukan onerous braking.

Baca juga: Options Memilih Warna Velg Motor, Sesuaikan dengan Cat Bodi Kendaraan

Penyebab kedua adalah ketika ukuran ban yang tidak sesuai dengan velg motor. Hal ini banyak terjadi pada pengendara yang mengadopsi gaya hellaflush, dimana ban memang lebih kecil dari velg.

Tampilannya memang menarik, namun ternyata risiko menjadikan velg rusak, bengkok atau patah lebih tinggi. Terlebih untuk Anda gunakan di keseharian, gaya ini tidak immediate dan justru membuat Anda melakukan cara memperbaiki velg motor yang bengkok.

Faktor ketiga yaitu kurangnya tekanan air dalam ban. Sehingga ban tidak cukup kuat untuk menahan permukaan jalan dan akhirnya menjadi beban di velgnya. 

Jika hal ini berlangsung lama, maka tidak menutup kemungkinan akan adanya kebengkokan di velg yang kebanyakan menahan beban.

Penyebab terakhir sebelum masuk ke cara memperbaiki velg motor yang bengkok adalah pemasangan ban dan velg tidak aturan. Hal ini kerap terjadi pada bengkel yang hanya mengandalkan alat sederhana. 

Mereka akan memaksakan agar velg tetap masuk ke dalam  velg. Tidak jarang pula yang pemasangan hingga menyebabkan cat velg terkelupas hingga lecet, kemudian menjadikan velg mudah bengkok.

Bagaimana Cara Memperbaiki Velg Motor yang Bengkok

Ada beberapa upaya yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi velg motor bengkok atau penyok ini. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Untuk penggunaan velg racing, beberapa pendapat menyatakan bahwa ketika file tersebut sudah bengkok maka akan sulit perbaikannya. Bahkan tidak bisa Anda gunakan lagi.

Baca juga: Cara Membaca Ukuran Velg Motor, Memudahkan Anda Saat Membeli

Maka dari itu, Anda harus mengganti dengan velg yang baru. Namun, jika ingin yang lebih irit, Anda bisa mencoba dengan mengepreskan velg tersebut di provider terpercaya dan terbaik tentunya.

Saran untuk cara memperbaiki velg motor yang bengkok adalah hindari untuk menyerahkan velg Anda di jasa pres velg yang menggunakan teknik dipanaskan sebagai proses pengerjaannya. Karena jika sampai hal ini terjadi, velg akan mengalami kebengkokan saat press yang kedua kali, bahkan ada yang hingga pecah.

Agar kondisi velg motor Anda tidak mudah rusak, Anda harus tetap melakukan beberapa perawatan untuknya. Seperti selalu membilas setelah terpapar air hujan. Sebab, apabila Anda abai dengan hal ini, jangan heran jika velg Anda mudah berkarat dan penampilan motor Anda tercemar.

Baca juga: Cara Pasang Jari-Jari Motor Secara Mandiri Baik yang Baru atau Lama

Selanjutnya, Anda juga harus tanggap kapan waktu untuk membersihkan velg Anda dari hinggapnya debu. Paling tidak, lakukan hal ini seminggu sekali agar velg motor tidak mudah berkaratnya.

Jika sudah terlanjur timbul karat, maka Anda bisa mengusirnya dengan menggunakan air soda atau tanah pasir. Caranya gosok di deliver yang berkarat hingga hilang.

Mulai dari cara memperbaiki velg motor yang bengkok hingga systems perawatan velg hanyalah hal kecil untuk Anda lakukan. Asalkan Anda tidak abai, maka masalah Anda dengan kendaraan Anda akan cepat selesai. (R10/HR-Online)

Read Extra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *