Bahaya Adu Domba, Merugikan Diri Sendiri Tiada yang Peduli!

by
Bahaya Adu Domba, Merugikan Diri Sendiri Tiada yang Peduli! thumbnail

Bahaya adu domba seharusnya menjadi warning untuk kita. Jika kita lihat, sekarang ini masih banyak orang yang melakukan hal tersebut.

Padahal, Islam sudah memberikan larangan mengenai hal tersebut. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari juga, hal itu sangat mudah untuk kita temui.

Mungkin saat melakukan hal tersebut, kita tidak menerima balasan semasa hidup di dunia. Akan tetapi, sesungguhnya balasan ketika berada di akhirat amatlah pedih.

Dengan adanya larangan ini, memiliki tujuan untuk kita supaya tidak melakukan perbuatan terlarang dan merugikan diri sendiri tersebut.

Hal ini bisa menjauhkan kita dari azab Allah SWT yang sangat pedih. Tapi, justru kebanyakan orang itu tidak menyadari hal tersebut.

Allah SWT sudah sedemikian rupa baiknya kepada kita, tetapi masih saja manusia bertingkah dengan bodohnya.

Ya, Islam adalah agama yang sempurna dan selalu memberikan kedamaian. Mungkin memang benar jika semua perbuatan yang akan kita lakukan itu dalam ajaran Islam memiliki aturan yang harus kita penuhi.

Mungkin bagi beberapa orang yang tidak jatuh cinta dengan Islam, hal itu merepotkan saja. Tapi, Allah memberikan hal tersebut hanya untuk membuat kita selamat dari dosa dan azab.

baca juga: Menangis Saat Shalat Ternyata Berbahaya, Simak Penjelasannya

Beberapa Bahaya Adu Domba yang Mengintai

Karena merupakan hal yang sangat berbahaya dan merugikan diri kita sendiri, jadi alangkah lebih baiknya jika mengetahui apa saja dampak yang akan kita dapatkan.

Namun, sebelum kita lanjut ke pembahasan bahaya yang mengintai kita atau pelaku perbuatan yang Allah larang tersebut, ada baiknya juga jika kita ketahui pengertian adu domba itu sendiri.

Adu domba atau namimah merupakan perbuatan yang tercela. Perbuatan tersebut memiliki tujuan untuk menyebarluaskan berita hoaks atau tidak benar, bisa juga fitnah.

Supaya masyarakat maupun individu saling membenci yang pada akhirnya akan terjadi perpecahan serta penyerangan.

Dalam bahasa gaulnya, namimah ini adalah rekayasa manusia untuk menciptakan fitnah, menghancurkan, dan merusak saudaranya sendiri.

baca juga: Bahaya Sifat Hasad Harus Diketahui, Jangan Sampai Menjangkit Anda

Hadits Riwayat Bukhari Muslim

Untuk bahaya adu domba yang pertama bisa kita lihat dari hadits berikut ini. Alkisah, dahulu Rasulullah SAW berjalan dan melewati dua kuburan orang muslim.

Kemudian mendengarkan suara yang sumbernya dari kuburan itu. Suara tersebut adalah suara kesakitan karena siksa dari malaikat penjaga kubur.

Mendengarkan hal tersebut, lalu Rasulullah bertanya kepada para sahabat yang sedang menemaninya tersebut.

“Tahukah kalian, apa yang penghuni kubur tersebut lakukan ketika hidup?”

Tapi, sebelum para sahabat menjawab pertanyaan tersebut, Rasulullah melanjutkan sabdanya, “Malaikat sedang menyiksa mereka karena dua perbuatan dosa yang besar. Pertama adalah mereka mengadu domba (namimah) dan kedua adalah tidak bersuci ba’da kencing”.

Dari arti hadits tersebut, sudah bisa kita simpulkan bahwa bahaya adu domba itu kelak kita akan mendapatkan siksa saat berada di dalam kubur.

Bukankah hal tersebut akan merugikan diri sendiri. Siapa yang akan menolong kita? Tidak ada pastinya.

baca juga: Bahaya Tidur Setelah Ashar, Bisa Menurunkan Daya Ingat

Terhalang Menjadi Penghuni Surga

Bukan hanya siksa kubur saja, bahaya adu domba juga membuat kita gagal menjadi penghuni surga.

Siapa yang tidak ingin menjadi penghuni surga Allah? Semua orang pasti mendambakan hal tersebut. Tapi, terkadang juga banyak orang yang tidak sadar akan apa yang diperbuat semasa hidupnya.

Banyak dosa tapi ingin jadi penghuni surga. Tidak salah memang, pasalnya kita tidak tahu terkadang perbuatan baik yang kita anggap remeh memiliki injury luar biasa.

Semoga dengan kita tidak melakukan namimah tersebut, terus bertaubat, serta selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, atas izin-Nya kita bisa menjadi penghuni surga.

Hadits Riwayat Bukhari Muslim menjelaskan bahwa tidak akan menjadi penghuni surga, orang yang gemar berbuat namimah.

Terjadi Perpecahan Antar Saudara

Bahaya adu domba juga akan terjadi perpecahan, permusuhan, dan penyerangan antara sesama muslim. Hal ini juga harus kita ketahui.

Bukankah Islam itu mengajarkan kepada kita untuk memelihara tali persaudaraan? Saling tolong-menolong dalam kebaikan.

Permusuhan akan cepat terjadi karena namimah tersebut. Seperti halnya kita membakar kayu kering yang menyebabkan apinya mudah menjalar.

Sebagaimana kisah istri Abu Jahal, sehingga menyebabkan ia mendapatkan julukan Hammalatal Hatab atau pembawa kayu bakar. Hal tersebut memiliki penyebab karena ia suka mengadu domba suku Quraisy.

Nah, itu tadi beberapa bahaya adu domba yang menjadi rem untuk kita, karena merugikan diri sendiri. (Muhafid/R6/HR-On-line)

Study More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *