Avanza Pindahkan Sistem Penggerak ke Depan, Kuat Nanjak?

by
Avanza Pindahkan Sistem Penggerak ke Depan, Kuat Nanjak? thumbnail

Foto: Avanza Veloz GR Restricted (Dok. Toyota-Astra Motor)

Jakarta, CNBC Indonesia – Toyota Avanza yang bakal meluncur dalam waktu dekat disebut-sebut akan mengalami banyak perubahan, salah satunya adalah sistem penggerak roda dari belakang menjadi depan.

Rumor yang beredar, mobil entrance wheel power (FWD) cenderung sulit untuk melahap jalan menanjak dibandingkan dengan mobil rear wheel power (RWD). Namun, Founder and Practicing Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menilai hal itu sebagai rumor yang tidak mendasar.

“Ngga ada masalah, mitos saja mobil seperti Toyota Daihatsu mana berani buat sesuatu yang bisa menghancurkan investasi jutaan dolar di seluruh dunia, China aja nggak berani main-main karena investasi mobil besar sekali,” katanya kepada CNBC Indonesia Senin (4/10/21).



Kemampuan mobil dalam tanjakan dipengaruhi oleh banyak variabel, mulai dari kondisi kendaraan, kondisi jalan apakah sedang licin, hingga kemampuan pengemudinya. Sehingga Avanza yang memiliki kapasitas mesin 1500 cc seharusnya bisa melewati itu.

“Konsumsi mobil penumpang yang memang peruntukan untuk jalan biasa nggak masalah, kalau tanjakan atau apa nggak masalah 1000 cc aja bisa ko 4 penumpang,” jelasnya.

Karenanya, dalam menaklukkan tanjakan seperti itu maka harus menjaga momentum, yakni dengan mempersiapkan segala situasinya sejak awal. Tidak ketinggalan, pengemudi juga perlu menjaga jarak dengan mobil lainnya.

Perdebatan kemampuan menanjak FWD atau RWD juga jadi pembahasan. diklaim bisa diandalkan di jalanan menanjak tanpa mengalami gejala selip. Ketika melintas di jalan menanjak, distribusi bobot pindah ke belakang dan di saat bersamaan mobil RWD diuntungkan karena ada tambahan suplai tenaga dari roda belakang.

Adapun Sistem penggerak roda belakang pada Toyota Avanza ini diwariskan dari kakaknya, Toyota Kijang yang telah hadir sejak akhir tahun 1970-an. Selama 18 tahun berkiprah di Indonesia atau sejak 2003, mobil ini sudah menggunakan sistem RWD.



[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *