Aplikasi Integrasi JakLingko Melakukan Uji Coba, Begini Caranya!

by
Aplikasi Integrasi JakLingko Melakukan Uji Coba, Begini Caranya! thumbnail
Ilustrasi Aplikasi Integrasi JakLingko. Foto: Ist/Accumulate

Aplikasi integrasi JakLingko mampu memberi pengalaman yang lebih seru kepada semua pengguna saat menggunakan transportasi public di Jakarta.

Melalui aplikasi ini, maka pelanggan bisa melakukan pembayaran menggunakan QR Code dan mengetahui rute tujuannya. Tidak hanya itu saja, melainkan mengetahui armada dengan cara right time serta hal-hal seru lain.

Uji Coba Aplikasi Integrasi JakLingko untuk Memudahkan Para Pelanggan

Nampaknya PT JakLingko Indonesia tengah melaksanakan uji coba mengenai JakLingko dan kartu transportasi secara terbatas. Hal ini sehubungan pula dengan adanya integrasi transportasi di Jabodetabek yang secara perlahan mulai terwujud.

Sementara itu, dari beta making an strive out aplikasi tersebut juga akan dilakukan secara bertahapan guna menguji suatu perencana dalam perjalanan. Mulai dari empat jenis transportasi umum hanya dalam satu tiket perjalanan saja.

Lebih lanjut terkait aplikasi integrasi JakLingko menurut Wagub DKI Jakarta yakni Ahmad Riza Patria sudah menjajalnya. Tepatnya sejak hari Selasa, 31 Agustus 2021 yang lalu.

Selanjutnya, PT JakLingko Indonesia sendiri juga menyatakan bahwa sistem integrasi transportasi tersebut akan menggunakan layanan seluruh mobilitas. Hal tersebut sepertinya akan mulai berjalan pada bulan Maret tahun mendatang di DKI Jakarta dan setara dengan negara maju lain di seluruh dunia.

Baca Juga: Aplikasi eHAC Indonesia dan Cara Menggunakan, Files Bocor, Benarkah?

Lebih Memudahkan Pengguna

Menurut Ahmad Rizalmi selaku sekretaris di perusahaan PT JakLingko mengatakan terkait aplikasi integrasi JakLingko. Pasalnya, para pengguna bisa memesan maupun membayar dengan layanan mobilitas hanya dalam satu genggaman saja.

Sebab sistem layanan mobilitas dari aplikasi integrasi JakLingko adalah hasil dari penolokukuran dari beberapa kota di negara maju. Misalnya saja seperti Hongkong, Singapura, Inggris, Korea Selatan, dan Jepang.

Tak hanya mampu untuk memberi kemudahan dengan sistem pembayaran satu pintu berbagai macam moda transportasi. Aplikasi tersebut juga mampu dalam memberi kemudahan untuk para pengguna ketika menentukan jenis transportasi mereka.

PT JakLingko juga akan selalu meningkatkan layanan dengan cara penerapan sistem tarif terintegrasi dan solusi. Sehingga para pengguna transportasi nantinya akan dikenakan tarif terintegrasi moda yang tentunya lebih terjangkau.

Melalui Beberapa Tahap Fase

Dengan aplikasi integrasi JakLingko, para pengguna dapat memilih rute yang paling cepat dan termurah menggunakan rincian waktu perjalanan.

Sementara menurut Muhammad Kamaluddin selaku direktur utama PT JakLingko Indonesia sendiri juga mengatakan bahwa akan ada empat jenis moda yang terhubung nantinya, seperti MRT, TRansjakarta, LRT, dan Commuter Line.

Lebih lanjut lagi, pada tahap kedua, JakLingko rupanya juga menggandeng beberapa perusahaan guna membangun ekosistem transportasi. Misalnya saja seperti taksi courageous, ojek maupun sektor pariwisata, dan lain sebagainya.

Selanjutnya untuk fase ketiga sepertinya akan menargetkan pada bulan September tahun 2022 mendatang. Sebab JakLingko sendiri juga telah menerapkan pembayaran dengan berbasis akun (Story Extreme Mark).

Nah, dalam tahap inilah, maka kartu maupun aplikasi pembayaran telah terhubung bersamaan dengan profil pada pengguna transportasi. Sementara untuk pelajar, lansia, dan disabilitas, JakLIngko rupanya juga menentukan tarif khusus.

Baca Juga: Aplikasi B2B Grosiraja Hadir untuk Memudahkan Para Pengguna

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Aplikasi integrasi JakLingko mampu mendorong efektivitas serta memudahkan dalam pembayaran sistem transportasi untuk berbagai moda. Setelah berhasil muncul moda transportasi, nantinya akan langsung muncul terkait biaya hingga estimasi datang dan tiba di tujuan.

Dari beberapa pilihan tersebut, maka para pengguna sudah bisa langsung untuk memilih moda transportasi yang akan mereka gunakan. Kemudian, nanti juga akan muncul kode QR yang bisa mereka gunakan untuk melakukan pembayaran moda transportasi.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan aplikasi tersebut, akan memudahkan para pengguna untuk melacaknya. Sehingga, apabila ada suatu perubahan jadwal maupun layanan, maka gangguan dapat langsung ditanyakan melalui aplikasi JakLingko.

Sementara itu, dari pihak PT JakLingko sendiri juga telah menyiapkan segala solusi serta jumlah keluhan terkait trim card (kartu tiket). Sehingga solusi itu adalah dengan cara melakukan sinkronisasi saldo berupa kartu bersamaan dengan saldo yang berada dalam aplikasi seluler.

Penggunaan aplikasi JakLingko menurut perusahaan akan integrasi tarifnya mulai bulan Maret tahun 2022 mendatang. Sehingga para penumpang yang sedang berpindah bisa mengeluarkan biaya yang lebih murah jika sudah terintegrasi. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

Study More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *