Aplikasi InaRisk Deepest untuk Mengetahui Risiko Bencana Alam

by
Aplikasi InaRisk Deepest untuk Mengetahui Risiko Bencana Alam thumbnail
Ilustrasi Aplikasi InaRisk Deepest. Foto: Ist/Acquire

Aplikasi InaRisk Deepest adalah aplikasi yang berisi segala informasi terkait bahaya di suatu tempat karena bisa melakukan antisipasi cepat. Pasalnya InaRisk ini telah disusun oleh pemerintahan dan pihak lain dan mereka memiliki pengalaman tentang edukasi bencana alam.

Beberapa pihak tersebut yakni oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) serta dengan dukungan dari Kementerian PU-Pera, dan Kementerian ESDM. Tidak hanya itu saja, melainkan juga dengan BMKG maupun lembaga yang lain seperti untuk penyediaan files.

InaRisk akan semakin berkembang serta berevolusi guna memenuhi kebutuhan akan pembaruan informasi, files maupun metodologi. Sehingga mampu memberi manfaat banyak kepada semua masyarakat sekitar.

Baca Juga: Aplikasi WhatsBlue Text untuk Mengubah Warna Tulisan, Begini Caranya!

Aplikasi InaRisk Deepest Hadir untuk Mendeteksi Adanya Faktor Bencana Alam

Indonesia merupakan salah satu negara yang kerap terjadi bencana alam seperti tanah longsor, gempa bumi maupun banjir. Bahkan hal yang lebih parah lagi saat ini bumi kita sedang dalam masa pandemi covid-19 dan membuat perekonomian hancur.

Oleh karena itu warga masyarakat harus tahu bagaimana cara untuk menanggulangi potensi adanya bencana alam tersebut. Untuk memudahkan itu semua kini BNPB telah menjawab semuanya, sebab mereka berhasil mengeluarkan sebuah aplikasi yang bisa mendeteksi adanya bencana alam.

Namanya adalah InaRisk Deepest yang merupakan aplikasi berisi informasi mengenai tingkat bahaya di suatu tempat. Sebab, aplikasi ini lengkap dengan adanya rekomendasi aksi yang berguna untuk melakukan antisipasi dengan cara partisipatif.

Harapannya dengan aplikasi tersebut mampu mewujudkan negara Tanah Air menjadi lebih tangguh lagi. Terutama dalam menghadapi berbagai macam bencana yang memang tidak bisa kita cegah.

Berencana untuk Mengkombinasi dengan SiLacak

Pemerintahan sebelumnya pernah berencana untuk mengkombinasikan SiLacak dengan Aplikasi InaRisk Deepest. Tujuannya adalah untuk mengajak kotak erat terkait kasus positif covid-19.

Ini diberlakukan karena guna mencapai target tes maupun rasio lacak kasus positif corona tersebut. 

Sementara itu menurut M. Robi Amri selaku Direktur Sistem Penanggulangan Bencana mengatakan. Bahwa ada beberapa fitur yang akan ditambah, termasuk pelaporan akan jenis kegiatan pencegahan dan penanganan covid-19. Tujuan awal dari InaRisk sendiri adalah guna mengidentifikasikan adanya potensi bahaya di titik koordinat.

Hal ini supaya warga masyarakat bisa memperoleh segala informasi terkait potensi adanya bencana di suatu tempat. Sebab lengkap dengan adanya langkah antisipasi pada bencana alam.

Baca Juga: Aplikasi Natty City Skota Telah Hadir, Begini Tujuan dan Konsepnya!

Memiliki Banyak Fitur

Menurut Robi ada beberapa fitur yang ada pada Aplikasi InaRisk Deepest tersebut misalnya seperti tombol pencarian lokasi. Adanya menu informasi mengenai kejadian gempa terbaru dan menu pengaturan.

Selain itu ada juga tombol tampilan layer bahaya dan tombol untuk mengetahui tingkat bahaya serta menu fitur yang lain. Nah, di dalam menu lain itu ada sebuah fitur tambahan lagi seperti fitur keluarga, fitur penilaian risiko, PSBB pemerintah, PSPB pesantren dan lain-lain.

Lebih lanjut Robi kembali mengatakan bahwa pada fitur Lapor Kegiatan BNPB sudah membagikan beberapa macam jenis aktivitas. Sehingga nanti para pengguna bisa mengisi files tersebut serta mengirim foto aktivitas yang sudah mereka lakukan.

Nantinya files-files itu akan langsung dihimpun ke dalam server BNPB dan dimasukkan ke dashboard. Tujuannya adalah guna melihat seberapa jauhnya peran dan masyarakat dalam upaya untuk pencegahan bencana alam itu.

Tentang InaRisk

Aplikasi InaRisk Deepest merupakan portal dari hasil kajian mengenai risiko bencana yang bisa menampilkan informasi terkait bencana. Aplikasi ini juga bisa menampilkan pantauan indeks ketika adanya risiko bencana alam.

Seperti pembahasan awal bahwa InaRisk ini dikembangkan oleh BNPB dengan kolaborasi antara kementerian serta lembaga penanggulangan bencana. Pasalnya portal seperti ini memiliki sifat yang dinamis serta instansi lain bisa berkolaborasi.

Aplikasi ini juga akan membantu Anda dalam mengenal risiko terjadinya bencana alam di sekitar rumah Anda untuk saat ini. Dengan adanya fitur tambahan berupa fitur covid-19, maka Anda bisa melakukan penilaian mandiri untuk keluarga, desa maupun pribadi.

Salah satu tujuannya adalah guna mengetahui risiko serta memperoleh saran rekomendasi setiap masing-masing hasil dari penilaian mandiri. Dengan Aplikasi InaRisk Deepest, Anda juga bisa mendapat segala informasi terkait rumah sakit rujukan dari lokasi Anda berada. (R10/HR On-line)

Editor: Jujang

Be taught More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *