PALU, MERCUSUAR – Anggota DPRD Sulteng Suprapto Dg Situru memberikan motivasi kepada warga Kabupaten Tojo Unauna (Touna) untuk memanfaat lahan produktif dalam bercocok tanam. Motivasi itu disampaikan mengingat ada beberapa warga yang cenderung membuka lahan baru sehingga harus berpindah-pindah saat berkebun.

“Lahan produktif kita cukup besar, tidak perlu buka lahan baru. Kalaupun lahan yang ada sudah tidak subur, sampaikan kepada Dinas Pertanian. Jangan sampai buka lahan baru karena berisiko dengan  proses hukum,” ujar Prapto, sapaan akrabnya, saat menghadiri ritual adat Pora’a di Desa Tongku dan Tojo, Kecamatan Tojo, pekan lalu (25/9/2016).

Pora’a kata Prapto, merupakan pesta panen yang sudah dilakukan turun temurun oleh masyarakat untuk mensyukuri nikmat Tuhan atas hasil panen yang diperoleh. Dalam Pora’a ini kata Prapto, juga dirangkaikan dengan festival budaya dengan beraneka ragam seni tradisional.

Ia mencontohkan, seperti ritual Motompo yakni penyembelihan ayam yang kemudian darahnya dikenakan pada padi yang sudah dipanen. Adat ini kata Prapto, merupakan ritual harapan agar hasil panen berikutnya lebih baik.

“Ada banyak rangkaian budaya yang ditampilkan. Masyarakat sangat kreatif dalam Pora’a, karena ada beberapa desa yang merangkaikannya dengan menggelar lomba. Kebetulan saya turut berpartisipasi dalam pemberian hadiah,” bebernya.

Ia berharap, festival budaya tersebut terus diabadikan masyarakat. Menurutnya, budaya dengan adat yang lestari dapat membentengi warga dari pengaruh barat yang banyak bertentangan dengan agama. “Budaya dengan adat istiadat yang kental menjadi ciri khas positif masyarakat sekaligus pondasi agar tidak mudah terpengaruh dengan budaya asing,” tandasnya. FIT

Harian Mercusuar

View all posts

Latest videos