PALU, MERCUSUAR –  Tingkat pendidikan tertinggi penduduk Kota Palu, terbanyak berada di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal ini menggambarkan bahwa sumber daya manusia yang dimiliki Kota Palu masih perlu ditingkatkan. Hal ini disampaikan Walikota Palu, Hidayat dalam laporan keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2016 beberapa waktu lalu.

Jumlah penduduk berdasarkan tingkat pendidikan yang tercatat tahun 2016 menyebutkan bahwa tingkat SMA menjapai 115.663 orang, Sarjana S1  sebanyak 11.389 orang, S2 4.082 orang dan S3 hanya sebanyak 403 orang.

Pemerataan kesempatan pendidikan sangat dipengaruhi oleh tersedianya sarana dan prasarana pendidikan. Seperti tersedianya gedung sekolah, perpustakaan dan buku – buku penunjang pelajaran serta tenaga pendidik atau guru.

Sementara angka Partisipasi Murni (APM) di kota palu berada pada kategori tinggi, jumlah sekolah baik sekolah negeri maupun sekolah swasta mengalami peningkatan. Hal ini menunjukan bahwa tingkat kesadaran dalam mengenyam pendidikan telah mengalami perkembangan.

Upaya untuk memperluas jangkauan pelayanan pendidikan di Kota Palu, telah berhasil meningkatkan pemerataan pada fasilitas pendidikan sehingga makin banyak penduduk yang dapat bersekolah.TIN

Komentar

komentar

Harian Mercusuar

Lihat semua tulisan