BESUSU BARAT, MERCUSUAR – Kementerian Agama Kota Palu melalui Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Lintas Agama menggelar Jalan Santai Lintas Agama, Minggu (26/11/2017).  Jalan santai dengan tema “Merajut Kebersamaan Dalam Bingkai Kebhinekaan” ini diikuti 7 ribu warga dari berbagai kalangan, sebagian di antaranya adalah pelajar.   Peserta memulai jalan santai di Patung Kuda,  Jalan Rajamoili,  melewati Jalan Dr.Suharso dan berakhir di Sou-sou Rumah Kaili, Anjungan Nusantara.

Kegiatan dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu Drs. H. Ma’sum Rumi MM didampingi Kepala Dispora Kota Palu, perwakilan Pokjaluh, tokoh lintas agama, dan dharma wanita.  Seluruh sponsor juga ikut terlibat seperti Hotel Paramasu, Bank Muamalat, Mandiri Syariah, BRI Syariah, dan BNI Syariah.  Penyelenggara menyiapkan 130 hadiah menarik dan hadiah utama untuk peserta yang beruntung.

Ketua Pokjaluh Lintas Agama, Zulfiah S.Ag M.HI mengatakan kegiatan ini merupakan  inisiatif Kepala Kantor Kemenag Kota Palu  yang kemudian dilaksanakan melalui Pokjaluh Lintas Agama. Momen ini juga dimanfaatkan untuk mengajak  seluruh masyarakat terus menjaga  kerukunan antarumat beragama di Kota Palu, agar bisa menjadi percontohan di tanah air.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Palu sebelum melepas  peserta jalan santai mengapresi kerja keras panitia yang diketuai oleh Muhlis S. Tahir SS MM  karena dapat mengadakan kegiatan jalan santai lintas agama yang meriah. Ia menyampaikan pula jika di seluruh Indonesia, baru ada lima provinsi yang memiliki Pokjaluh Lintas Agama, di mana salah satunya berada di Kota Palu.  Ma’sum Rumi juga mengamanatkan Pokjaluh Lintas Agama untuk membantu Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)  dalam melaksanakan program-program dalam rangka menjaga keamanan,  kedamaian, khususnya dalam hal kerukunan umat beragama di daerah ini.   “Kementerian Agama Kota Palu juga punya simbol ‘Damai Itu Indah, Torang Samua Basudara’,”  ungkapnya. DAR

Harian Mercusuar

View all posts