PALU, MERCUSUAR – Tiga orang pendukung kelompok Mujahiddi Indonesia Timur (MIT) Poso yang bertugas sebagai kurir aktif di Palu berhasil ditangkap oleh Sensus 88 Anti Teror (AT) Mabes Polri pada Kamis pagi (4/8/2016) sekitar pukul 07.00 Wita.

Tiga orang yang ditangkap ditiga tempat berbeda tersebut yaitu Jono Apriadi, Berni dan Muket.  Satu orang yaitu Muket diamanatkan dibandara sis Al-Jufri saat sudah berada di atas pesawat Sriwijaya air tujuan Tarakan Kalimantan Timur. Sedangkan dua orang lainnya yaitu Jono dan Berni ditangkap di rumahnya di Palu. Ketiga yang diduga pendukung aktif Santoso saat ini sudah diamankan di Polda Sulteng.

Kapolda Sulawesi Tengah Rudy Sufahriadi, Sabtu (6/8/2016) mengatakan, ketiga orang tersebut sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Ketiganya adalah kurir aktif MID di Palu.

“Mereka memfasilitasi, mengirim logistik, menampung kelompok itu datang ke Palu dan mengirim ke Poso, diantaranya adalah Jono Priadi alias Jono, Isa Abdulrahman alias Berni alias Pakis alias Bahar, dan Muhammad Asmaul alias Muket.” Kata Kapolda Sulteng.

Kapolda Sulteng juga menambahkan, ketiga orang tersebut di tangkap oleh Densus 88, sekarang sedang di periksa, dan sudah ditetapkan sebagai tersangka. Keterlibatan mereka adalah mendukung kelompok MIT, mulai dari logistik, memfasilitasi kelahiran istrinya Santoso di Kota Palu, dan sampai ada yang mengirim GPS maupun HT kelompok Santoso.

“Ini kita harus dituntaskan semu dan akan dikembangkan lagi siapa yang mendukung kelompok tersebut,” ujarnya.TIN

Kartini Nainggolan

View all posts

Latest videos