PALU, MERCUSUAR – Pengurus dan simpatisan kader Tunas Indonesia Raya (Tidar)  Sulawesi Tengah (Sulteng) mengunjungi lokasi kebakaran pasar Masomba, Kota Palu, Rabu (9/8/2017).

Selain untuk meninjau langsung lokasi kebakaran, kedatangan rombongan sayap partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) juga berdialog langsung dengan keluarga yang tertimpa musibah.

Romobongan yang dipimpin langsung oleh Ketua Tidar Sulteng, Firman Lapide, melakukan pendataan terhadap korban kebakaran. Pendataan itu dilakukan Tidar, untuk memberikan bantuan bersifat sementara yang bertujuan meringankan beban korban.

“Penyaluran bantuan nantinya akan dilakukan. Dalam kunjungan Tidar Sulteng pagi tadi, akan memberikan bantuan alakadarnya yang sifatnya sementara,” ujar Firman.

Dari hasil kunjungan serta berkomunikasi dengan perangkat wilayah RT Masomba, Tidar memperoleh data jumlah korban yang kemungkinan bisa menjadi data acuan untuk penyaluran bantuan, agar tepat sasaran.

Berdasarkam data yang diperoleh, kebutuhan sementara korban yang berada dipinggiran pasar berupa sembako, pakaian bekas, makanan-makanan instan dan makan siap saji lainnya.

Sementara untuk bagian dalam pasar, membutuhkan bahan bangunan, seperti seng untuk atap banguanan serta kayu-kayu untuk tempat untuk berjualan.

Menurutnya, melihat kondisi di lokasi, kerugian yang dialami para korban mencapai ratusan juta rupiah. Kerugian itu berupa, dagangan mereka yang ikut terbakar habis.

Firman mengatakan, bantuan diharapkan dapat meringankan dan  mengobati derita keluarga korban yang  tertimpa musibah, sehingga semua itu bisa bermanfaat dan menjadi semangat baru bagi mereka untuk bisa bangkit lagi.

Kedepan dan seterusnya kata dia, Tidar Sulteng berkomitmen selalu hadir ditengah-tengah masyarakat membantu meringankan beban bagi mereka yang tertimpa musibah dan bencana, sebagi wujud komitmen pengabdian.

Diketahui, beberapa waktu lalu pada bencana banjir bandang di Kabupaten Toli – toil dan Banggai,  Tidar juga terlibat dalam aksi sosial memberikan bantuan dan melakukan penggalangan kepada korban. Ini adalah wujud dari komitmen pengabdian terhadap bangsa dan negara serta kemajuan daerah tercinta.BOB

Komentar

komentar

Harian Mercusuar

Lihat semua tulisan