DONGGALA, MERCUSUAR – Tapal batas antara Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) dinyatakan tuntas oleh pemerintah pusat dengan menerbitkan  Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 59/2017 tentang Batas Daerah Kabupaten Donggala dengan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Bupati Donggala, Kasman Lassa, turut menghadiri rapat koordinasi monitoring dan evaluasi (rakor monev) penyelenggaraan penegasan batas daerah wilayah III di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Kamis (12/10/2017) yang memfokuskan pada penegasan tapal batas dua daerah yang bertetangga dibagian timur dan barat Sulteng ini.

Batas wilayah Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parmout terbentang dari utara ke selatan. Wilayah kecamatan di Kabupaten Donggala yang berbatasan dengan Parmout, yaitu Sojol Utara, Sojol, Dampelas, Balaesang, Sirenja, Sindue Tobata, Sindue Tombusabora, Sindue, Labuan dan Tanantovea.

Sementara wilayah kecamatan di Parmout yang berbatasan dengan Donggala, yaitu Palasa, Tinombo, Tinombo Selatan, Kasimbar, Toribulu, Ampibabo dan Siniu.

Dengan terbitnya Permendagari yang ditandatangani  Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo  pada 27 Juli 2017 dan diundangkan di Jakarta pada 10 Agustus 2017 oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI ini, maka persoalan perbatasan diantara kedua kabupaten ini dianggap telah tuntas.

“Persoalan tapal batas merupakan tugas berat yang harus dituntaskan.  Dan Alhamdulillah, satu dari tiga tapal batas Kabupaten Donggala sudah selesai,” kata Bupati Donggala.

Setelah ini, akan dituntaskan lagi tapal batas antara Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah dengan Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat.

“Rencananya tanggal 17 Oktober ini, akan diserahkan penegasan tapal batas Donggala dengan Mamuju Utara,” terangnya.

Sekadar diketahui, Kabupaten Donggala berbatasan dibagian utara dengan Kabupaten Tolitoli, di timur dengan Kabupten Parigi Moutong, di selatan dengan Kota Palu dan Mamuju Utara.  Sementara di bagian barat dengan selat Makassar. HID

Harian Mercusuar

View all posts