LERE, MERCUSUAR– Sebanyak 50 pecinta  alam dari berbaga lembaga di Kota Palu dan sekitarnya melaksanakan kerja bakti bersih-bersih sampah di seputaran Pantai Taman Ria, Kelurahan Lere, Minggu (26/11/2017).

Sasaran dari aksi bersih itu adalah sampah-sampah plastik yang memenuhi pinggiran pantai Taman Ria mulai dari bawah jembatan IV, Masjid Apung hingga seputar Taman Datokarama.

Salah seorang peserta aksi, Fauziah mengatakan, aksi ini bertujuan untuk membangun karakter pemuda yang peduli terhadap lingkungan.

“Kita sadari aksi yang hanya melibatkan sebagian kecil dari jumlah masyarakat Kota Palu, tidak akan berdampak apa-apa, setidaknya kita sudah mengurangi sampah plastik yang ada,” kata wanita yang akrab disapa Mona itu.

Hal senada dikatakan, Agus bahwa dari aksi itu mereka  ingin menyentuh kesadaran warga akan pentingnya kepedulian lingkungan, dengan tidak membuang sampah secara sembarangan, terutama sampah plastik yang diketahui sangat sulit terurai oleh tanah.

Peserta lainnnya, Mizwar menambahkan dari aksi bersih sampah yang telah dilakukan baik itu lembaga, instansi bahkan individu, sebaiknya mendapat respon dan tindak lanjut oleh pemerintah, seperti membangun fasilitas tempat sampah serta memasang papan-papan peringatan larangan membuang sampah.

“Kalau perlu dipasang papan peringatan dengan aturan dan sanksi bagi warga yang membuang warga sembarangan. Dan sepanjang pantai ditempatkan petugas yang mengawasi,” katanya.

Aksi yang dinamai ‘Gerakan Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih’ itu juga melibatkan komunitas dari grup Facebook Patroli Kota Palu dan Info Kota Palu. Aksi itu juga mendapat dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu. AMR

Harian Mercusuar

View all posts