MERCUSUAR – Jelang berakhirnya masa jabatan Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof Dr Ir Muh Basir, SE, MS, per 5 Maret 2019 mendatang, pihak senat Untad bergerak cepat menyiapkan proses suksesi kepemimpinan tersebut.

Ketua Senat Untad, Prof Hasan Basri, MA, PhD, Rabu 931/1/2018) mengatakan, pihaknya telah membentuk panitia pemilihan yang diketuai oleh Prof Dr Sutarman Yodo, SH, MH. Kepanitiaan inilah kata dia, yang akan menyusun rancangan tahapan pemilihan rektor, mulai dari pengesahan kepanitiaan, penetapan jadwal hingga tahapan lainnya.

Menurut Prof Hasan Basri, dalam waktu dekat panitia akan menggelar rapat lanjutan tentang pengesahan jadwal tahapan yang dibuat. Kepanitiaan tersebut kata dia, telah mulai bekerja, sambil menunggu terbitnya Surat Keputusan (SK) tentang kepanitiaan.

Ditanyakan mengapa rentang waktu antara awal tahapan dan berakhirnya masa jabatan cukup panjang, Prof Hasan Basri mengatakan, normalnya tahapan baru dimulai sejak lima bulan sebelum habis masa jabatan. Namun kata dia, pihaknya sengaja memulai tahapan lebih cepat, karena dalam tahapan tersebut, ada proses yang melibatkan instansi lainnya, seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), yang prosesnya bisa saja memakan waktu lebih lama.

Kata dia, mungkin sekitar September 2018 mendatang, sudah akan kelihatan siapa saja calon yang terjaring. Berkas pencalonannya, akan diperiksa oleh PPATK. Jika ada yang berkasnya dikembalikan, prosesnya harus diulang dari awal. JEF

 

 

 

 

Harian Mercusuar

View all posts