PALU, MERCUSUAR– 2017, pengajuan perizinan terjadi peningkatan sebesar 19 persen di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Sulawesi Tengah (Sulteng).

“ Permohonan perizinan justru meningkat. Diharapkan bakal bertambah lagi dari OPD lainnya,” kata Kepala Bidang Perizinan BPM-PTSP, Ramli, Kamis (23/2/2017).

Hal itu kata Ramli, didukung dengan pengembangan system “e-service” atau pelayanan berbasis elektronik untuk memudahkan investor dalam mengurus perizinan.
“Pelayanan berbasis elektronik ini diharapkan bisa membuat proses lebih cepat sehingga investor dimudahkan dalam mengurus izinnya,” kata Ramli.

Untuk diketahui, saat ini PTSP menyediakan sebanyak 170 jenis perizinan. Nantinya, di kisaran bulan Juni dan Juli, jenis perizinan akan bertambah menjadi 201 jenis.
Dengan adanya “e-service” ini, Ramli berharap perizinan yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam hal ini investor akan lebih mudah diakses.
“Nanti melalui ‘e-service’ investor bisa mengetahui status layanan terbaru dia. Mereka yang ingin investasi juga tidak perlu datang ke Sulteng, cukup mengakses ‘e-service’ mereka akan tahu kondisi investasi di Sulteng,” katanya.
Selain itu, dia mengatakan sistem pelayanan tersebut juga akan membantu investor saat akan membeli lahan. Nantinya, melalui pelayanan ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulteng akan membantu mengarahkan investor agar tidak salah dalam membeli tanah.
“Saya sudah menerima beberapa keluhan dari investor yang akan masuk ke Sulteng, ternyata mereka salah beli lahan dan saat ini kesulitan untuk membangunnya karena ternyata lingkungan sekitar lahan yang sudah dibeli tidak mendukung untuk dibangun industri,” katanya.
Menurut dia, zona yang pas untuk pembangunan industri adalah kawasan industri. Dia mengatakan di kawasan industri tersebut para investor dimudahkan, salah satunya dengan tidak perlu lagi memikirkan pembangunan infrastruktur pendukung di antaranya air, listrik, dan instalasi pengolahan air limbah. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat terus. SAH

Harian Mercusuar

View all posts

Latest videos