SIGI, MERCUSUAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan Komisi I DPRD Kabupaten (Dekab) Barito Kuala, Kalimantan Selatan melakukan studi banding perencanaan pembangunan daerah ke Kabupaten Sigi, Senin (7/8/2017).

Kunjungan itu disambut oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sigi, Basir Lainga dan unsur pimpinan Dekab Sigi di aula kantor Bupati Sigi. “Kami berterimakasih atas kunjungan dari Pemerintah  Kabupaten Magelang dan DPRD Barito Kuala. Kami siap melayani dan membantu kebutuhan studi banding ini, dengan harapan bisa menjadi pembelajaran untuk kita sekalian,” ungkap Basir dalam sambutannya.

Anggota Komisi I Dekab Barito Kuala, Mahruz Effendi kepada Mercusuar menyatakan Sigi layak dijadikan contoh terkait perencanaan pembangunan daerah, apalagi tahun ini Pemkab Sigi meraih juara tiga lomba rencana kerja pembangunan daerah tingkat nasional dan juara satu lomba serupa di tingkat provinsi.

“Kami harus belajar banyak dari Sigi karena telah terbukti kemampuannya. Kami berharap bisa memperoleh kiat-kiat jitu untuk bisa kami terapkan di daerah kami, dimana komisi kami membidangi hal itu,” sambung Mahruz.

Dalam kunjungan itu, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (BP3D) Sigi, Sutopo Sapto Condro memaparkan skema maupun pola perencanaan yang relevan yang juga ditunjang dengan pemanfaatan sistem jaringan internet. Ia pun menyampaikan berbagai masukan dan solusi kepada para rombongan studi banding. “Kami apresiasi Pemkab Magelang dan DPRD Barito Kuala atas kunjungannya. Lewat studi banding ini, kami justru termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi dibanding sebelumnya,” tanggap Sutopo.

Ketua Dekab Sigi, Moh Rizal Intjenae pun menyampaikan sejumlah kiat soal perencanaan pembangunan. Salah satunya adalah mengenai reses Dekab yang harus dilakukan sebelum musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang),  sehingga aspirasi masyarakat pada reses dan Musrenbang dapat singkron. Perencanaan pembangunan daerah pun bisa lebih mengakomodir aspirasi dan tepat sasaran. “Kegiatan ini prinsipnya saling belajar mengajar. Olehnya itu, kami berharap ini bisa menjadi berkah untuk kita sekalian,” ujar Rizal saat menutup pertemuan tersebut. BAH

Komentar

komentar

Harian Mercusuar

Lihat semua tulisan