LASOANI, MERCUSUAR – Adanya aturan pemerintah Kota Palu untuk melarang seluruh sekolah khususnya tingkat SD dan SMP sederajat untuk tidak lagi melakukan pungutan dalam bentuk apapun. Hal tersebut tidak menjadi kekuatiran bagi SMPN 7 Palu yang berusaha untuk terus melanjutkan program peningkatan mutu di sekolah.

Kepala SMPN 7 Palu, Idris mengakui dengan adanya larangan tersebut memang sangat berdampak terhadap sekolah. Hanya saja disinilah sekolah dituntun untuk berfikir agar program sekolah tetap berjalan seperti biasanya tanpa merugikan para siswa dalam mengikuti pendidikan di sekolah. Jadi jika ada sekolah yang mengeluh, itu tidak baik karena pemerintah sudah memberikan berbagai bantuan melalui Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) maupun Bantuan Oprasional Sekolah dari daerah (BOSDA).

Idris melanjutkan, sangat mendukung program dari pemerintah Kota Palu yang mungkin sudah dipertimbangkan secara matang. “Kami melihat ketika program itu dijalankan maka nantinya pemerintah akan mengevaluasi program tersebut. Sehingga nantinya ada solusi yang akan mereka berikan. Jadi kita seharusnya medukung program ini sepenuh hati,” katanya, Jumat (27/1/2017).

Dalam menjalankan program yang telah mereka rencanakan dari awal tahun SMPN 7 Palu tinggal menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada di sekolah. Hanya saja memang pelaksanaan program tersebut tidak seperti sebelumnya. Mereka hanya mengurangi jam belajar di setiap bimbingan tersebut. Dengan begitu seluruh siswa masih bisa melaksanakan pembinaan bakat.

“Banyak cara dalam menyiasati program yang akan dilaksanakan di sekolah, sebab sekolah juga masih memiliki keuangan yang cukup. Kami saja hingga kini masih menggunakan tenaga ahli dari luar sekolah untuk memberikan bimbingan kepada para siswa dalam hal pengembangan bakat,” terangnya.

Dengan adanya larangan itu bisa menjadi pelajaran buat sekolah dalam menentukan program yang mereka buat. Selain itu larangan itu menjadi salah satu solusi dari pemerintah untuk pemerataan pendidikan yang ada di Kota Palu.UTM

Harian Mercusuar

View all posts