BESUSU BARAT, MERCUSUAR – Dinas Pendidikan Kota Palu melaksanakan pelatihan teknisi dan proctor Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP/sederajat. Pelatihan tersebut sebagai bentuk persiapan sekolah yang baru melaksanakan UNBK pada tahun ini.

Pelaksanaan UNBK untuk sebagian sekolah memang masih baru sehingga masih membutuhkan bimbingan dan pelatihan bagi para teknisi dan proctor komputer yang akan digunakan pada saat UNBK nantinya.  Pelatihan kali ini diberikan langsung oleh para teknisi dan proctor yang sebelumnya sudah melaksanakan UNBK.

Kepala Disdik Kota Palu, Ansyar Sutiadi mengatakan pelatihan itu sangat penting bagi sekolah pelaksana UNBK pada tahun ini. “Kami juga mengimbau kepada para peserta untuk bisa mengikuti pelatihan dengan baik. Sebab pelatihan ini sangat penting untuk pengetahuan para peserta yang nantinya akan melaksanakan UNBK. Sebab kita tahu bahwa menjadi teknisi dan proctor tidak mudah karena harus bisa menguasai berbagai teknis komputer dan aplikasinya,” katanya, Senin (12/2/2018).

Teknisi ialah orang yang bertanggung jawab dalam hal komputer dan jaringan untuk prangkat keras. Sementara untuk proctor yaitu orang yang akan menjalankan aplikasi yang akan digunakan para siswa untuk UNBK.  Di setiap sekolah wajib memiliki proctor sesuai dengan jumlah ruang kelas yang akan digunakan untuk UNBK. Adapun untuk teknisi bisa satu orang untuk satu sekolah.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan persiapan UNBK bisa lebih maksimal, agar pelaksanaan UNBK bisa berjalan dengan baik. Sebab UNBK berbeda dengan UNKP (Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil) yang penjagaannya harus maksimal untuk jaringan dan komputer. Salah sedikit saja dapat merugikan para siswa yang mengikuti UNBK,” terangnya.

Pelatihan tersebut diikuti seluruh sekolah pelaksana UNBK tingkat SMP sederajat di Kota Palu dan dilaksanakan di SMPN 15 Palu.UTM

Harian Mercusuar

View all posts