PALU, MERCUSUAR- Ratusan siswa beserta guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Palu meramaikan Pawai Karnaval Budaya, Kamis (27/10/2016). Pawai itu dilakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh hari ini, Jumat (28/10/2016). Para siswa, guru, hingga kepala sekolah mengenakan pakaian adat dari berbagai provinsi di Indonesia.

Rombongan pawai karnaval dilepas Kepala SMAN 5 Palu, Idris Ade, di pelataran sekolah dengan menempuh rute sejauh kurang lebih enam kilometer, dimulai dari Jalan Untad 1–Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Pendidikan, Jalan RE. Martadinata, dan kembali di pelataran SMAN 5 Palu. Rombongan pawai karnaval disemarakkan dengan atraksi drumband dan barongsai.

Kepala SMAN 5 Palu, Idris Ade mengatakan, pawai karnaval itu selain merupakan momen untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, juga dimaknai sebagai momen untuk memupuk nasionalisme dalam diri siswa, utamanya dalam menghargai keberagaman, baik suku, agama, budaya, ras, maupun golongan.

Selain itu menurut Idris, pawai karnaval ini juga merupakan sarana untuk membangun nilai-nilai kesejarahan, utamanya sumpah pemuda, dalam rangka memperkokoh tatanan integrasi bangsa.

“Mudah-mudahan pawai karnaval ini dapat berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya. Saya mengapresiasi semua pihak yang terlibat menyukseskan pawai karnaval ini,”tutup Idris.

Selain menggelar Pawai Karnaval Budaya, SMAN 5 Palu juga menggelar sejumlah kegiatan lainnya seperti lomba menyanyi antarsiswa, pertunjukan teater, dan pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2016), pihak sekolah akan menggelar Upacara Bendera. JEF

Harian Mercusuar

View all posts